Pembangunan Armada Ketiga Dikebut

Realisasi pembentukan armada ketiga TNI AL terus dilakukan. Saat ini, progres pembangunan sudah 20 persen.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi mengatakan, pembantukan armada ketiga RI ini sangat penting untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia. Sehingga konsep armada ketiga yang sudah sejak 1990 harus segera direalisasikan.

“Kita sudah ajukan dan sedang didiskusikan lagi di Mabes TNI karena itu menjadi bagian (program) 100 hari Panglima TNI. Kita juga beri masukan, sudah saya sampaikan untuk mapping, tahapan, karena kita tidak mungkin langsung 100 persen,” kata Ade usai sertijab dua Panglima Kotama di Pondok Dayung, Koarmabar I, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis (15/3).

Selama ini, pembentukan armada ketiga RI masih sebatas pembahasan. Tarik ulur dan maju mundur eksekusi realisasi juga membuat armada ketiga ini tak kunjung rampung.

Namun, perlahan infrastruktur fisik dan personel sudah mulai dibangun. Setidaknya, saat ini sudah 20 persen dari seluruh pembangunan armada ketiga RI terealisasi.

“Tahap pertama saya sampaikan sudah 20 persen. Karena infrastruktur sudah ada, personel berapa persen juga sudah kita isi. Berikutnya mungkin dua, tiga tahun ada tambahan 20 persen,” tambahnya.

Mantan Pangkoarmatim itu memastikan, pergeseran personel dan alutsista bisa segera dilaksanakan bila semua hal terkait armada ketiga RI ini disetujui. Sehingga, saat seluruh infrastruktur lengkap, armada ketiga bisa langsung bertugas.

“Kita harapkan bahwa seluruh perairan Indonesia bisa kita jaga dengan adanya dispersi atau dislokasi kekuatan armada satu barat, armada dua tengah, dan armada tiga timur. Termasuk juga yang mengikuti adalah komponen sistem armada terpadu yaitu KRI, Marinir, pangkalan dan pesawat udara,” ucap dia.

Saat ini, TNI AL hanya memiliki dua Komando Armada penjaga laut Indonesia, yakni Komando Armada Barat dan Komando Armada Timur. Armada ketiga yang akan dibangun ini rencanananya mengisi kekuatan dan penjagaan laut Indonesia bagian tengah.

Photo : KRI TNI AL dalam Geladi Bersih HUT ke-72 TNI di Merak, Cilegon, Banten, 03/10/2017. (Koarmatim)

Sumber : Kumparan

Advertisements

6 thoughts on “Pembangunan Armada Ketiga Dikebut”

  1. Mana ini si pengasuh kuda, hhheee….
    Ga nyangka ya penista agama bisa KO.. Semoga bisa menerima.. Gmn kabar alexis.. ?

    Halo mat rempit lama ga muncul nih sibuk Nanimah ya…hhheee

    Like

      1. Skor sdh 3:0 dek…
        Menang di medsos
        Menang di pilkada
        Menang di pengadilan..

        Kasihan nanti kl skornya terlalu dek..bandar bisa rugi besar..hhhheee

        Like

  2. bagus memang harus begitu! ketika presiden sipil yg memegang posisi tertinggi angkatan udara maju angkatan laut maju. kedaulatan terdepan adalah udara, laut dan terakhir darat. kerajaan kerajaan seluruh nusantara dahulu kala berperang di perairan laut untuk bertahan supaya musuh tak mengnginjak bumi nusantara. saya tak peduli buy back satelit indosat, uda tua buat apa di beli. tp saya ingin tau sampai mana kabar kerja sama militer kita dengan pihak airbus dlm rencana akusisi satelit militer??!

    Like

    1. Betul “kerajaan kerajaan seluruh nusantara dahulu kala berperang di perairan laut untuk bertahan supaya musuh tak mengnginjak bumi nusantara” tapi sebelum mengembangkan angkatan lautnya,pasti menguatkan dulu pasukan daratnya..tidak mungkin langsung kembangkan angkatan lautnya..seiring kemajuan kerajaannya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s