RIB Carbotech PT Lundin Industry Dibeli oleh militer Rusia

Angkatan bersenjata Rusia membeli kapal patroli jenis RIB (Rigit Inflatable Boat) yang diproduksi Industri perkapalan yang berbasis di Banyuwangi, PT Lundin Industry.

Kapal yang dibeli militer Rusia tersebut berhasil diujicobakan di Selat Bali, pada Senin (12/3/2018).
Direktur PT Lundin Industry, Liza Lundin mengatakan, kapal yang dipesan Rusia tersebut memiliki beberapa kelebihan diantaranya memiliki kecepatan mencapai 85 knots (160 km/jam) dan dirancang mampu menahan kekuatan di atas G7 (gravitasi 7).

“Kapal ini kami design dengan panjang lambung mencapai 38 feet, dengan carbotech, sehingga super ringan dan kecepatannya mampu menembus 85 knots (160 km/jam),” ungkapnya.

Liza menambahkan, Militer Rusia memesan kapal jenis yang sama sebanyak 7 unit, dan sampai saat ini, sudah mengirim kapal tersebut ke Rusia sebanyak 5 unit sehingga masih tersisa sebanyak 2 unit.

“Tadi yang diuji coba adalah kapal keenam. Khusus kapal keenam dan ketujuh kecepatannya 85 knot, di atas kecepatan lima kapal yang kami kirim sebelumnya 50 – 60 knot,” paparnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi, Anas mengaku bangga bahwa salah satu karya anak Banyuwangi mampu menembus pasar eropa. Menurutnya ekspor ini membuktikan industri kapal dalam negeri punya daya saing tinggi di kompetisi global sekaligus mendukung visi kemaritiman Presiden Jokowi.

“Peluang industri perkapalan semakin terbuka lebar di Banyuwangi sekaligus diharapkan bisa menggerakkan perekonomian lokal, dan ekspor kapal ke Rusia ini membuktikan produk dalam negeri punya daya saing tinggi dan berkompetisi global,” tegasnya.

Photo : RIB Carbotech PT Lundin Industry Dibeli oleh militer Rusia. (RRI)

Sumber : RRI

Advertisements

3 thoughts on “RIB Carbotech PT Lundin Industry Dibeli oleh militer Rusia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s