Berani Melakukan Manuver Ekstrem Sambil Membawa Senjata

Tim Aerobatik Elang Biru TNI AU (TNI AU) 1

Tentara Nasional Indonesia Angkata Udara (TNI AU) memiliki Tim Aerobatik Elang Biru yang pernah menunjukkan kebolehannya melakukan manuver-manuver ekstrem di udara pada HUT TNI AU ke-49 pada 9 April 1995.

Penampilan Elang Biru menggunakan enam unit jet tempur F-16 Fighting Falcon benar-benar tampak sangar.

Selain suara mesin-mesin jet yang menggelegar, semua F-16 juga dilengkapi persenjataan.

Sebenarnya melaksanakan manuver aerobatik menggunakan jet tempur seperti F-16 berisiko tinggi karena tidak boleh ada kesalahan sedikit pun.

Oleh karena itu, untuk menghindari kecelakaan fatal akibat pesawat yang sedang melaksanakan pertunjukkan aerobatik, tim aerobatik AS seperti Thunderbirds, Blue Angels, dan Golden Eagle, tidak pernah membawa senjata.

Tapi karena jet-jet tempur F-16 Elang Biru juga merupakan pesawat yang siap operasional tempur kapan saja, dalam atraksi aerobatik, tetap membawa senjata seperti bom dan rudal.

Tim Aerobatik Elang Biru TNI AU (TNI AU)

Ketika para tamu dari negara lain menyaksikan penampilan Elang Biru pada Hari ABRI 5 Oktober 1995 itu, mereka demikian terkejut karena semua pesawat F-16 yang tampil dalam atraksi aerobatik ternyata membawa senjata.

Bagi para tim aerobatik luar negeri, melaksanakan terbang aerobatik sambil membawa persenjataan dilarang keras karena sangat berbahaya.

Para pilot tim aerobatik pun tidak berani menerbangkan pesawat untuk atraksi udara sambil membawa senjata karena berat pesawat jadi bertambah dan lebih sulit bermanuver.

Ketika mendapat penjelasan bahwa F-16 TNI AU yang digunakan oleh tim aerobatik bukan skuadron khusus tapi skuadron operasional yang siap tempur, para atase pertahanan lebih tercengang lagi.

Di negara seperti Inggris, Singapura, dan AS, pesawat-pesawat untuk atraksi aerobatik merupakan pesawat khusus, terwadahi dalam skuadron khusus, dan bukan untuk bertempur.

Tidak hanya jet tempur bersenjata siap melaksanakan operasional tempur kapan saja yang digunakan Elang Biru untuk atraksi udara dan membuat para atase militer luar negeri makin tercengang.

Para atase militer bahkan dibuat terkejut lagi ketika mengetahui bahwa Tim Elang Biru ternyata belajar secara otodidak dalam melaksanakan beragam manuver ekstrem di udara.

Salah satu caranya adalah menyontek teknik-teknik penampilan tim aerobatik luar negeri saat ada acara Air Show atau mempelajarinya melakukan rekaman video.

Maka hanya satu kalimat ketika para atase militer luar negeri dimintai komentarnya terhadap atraksi para pilot Elang Biru.

“Benar-benar para pilot gila, kami tak sanggup melakukannya…”

All Photos : Tim Aerobatik Elang Biru TNI AU (TNI AU)

Sumber : Intisari Online

Advertisements

2 thoughts on “Berani Melakukan Manuver Ekstrem Sambil Membawa Senjata”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s