Kapal Induk AS Kunjungi Vietnam, Pertama Sejak Perang Usai

USS Carl Vinson mengunjungi Vietnam, menandai keberadaan terbesar militer AS di negara tersebut sejak perang berakhir. (U.S. Navy Photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Tom Ton
USS Carl Vinson mengunjungi Vietnam, menandai keberadaan terbesar militer AS di negara tersebut sejak perang berakhir. (U.S. Navy Photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Tom Tonthat/Handout via Reuters)

Sebuah kapal induk Amerika Serikat tiba di Vietnam pada Senin (5/3), untuk pertama kalinya sejak perang berakhir. Langkah ini menggarisbawahi perkembangan hubungan strategis kedua negara yang sempat berkonflik, di tengah peningkatan pengaruh regional China.

Siluet kelabu USS Carl Vinson bisa dilihat dari atas bukit-bukit yang berada di pinggiran kota Danang, di mana kapal induk seberat 103 ribu ton itu memulai kunjungan bersama dua kapal AS lainnya.

Kedatangan Carl Vinson menandai keberadaan militer terbesar Amerika di Vietnam sejak 1975, sekaligus mengilustrasikan hubungan rumit yang terus berubah antara Hanoi dan Beijing di tengah sengketa Laut China Selatan.

Para pejabat perwakilan Vietnam bekerja selama berbulan-bulan untuk meredakan kekhawatiran China terkait kunjungan kapal induk ini dan prospek kerja sama lebih luas antara Hanoi dan Washington, kata sejumlah diplomat dan pihak lain yang mengetahui pembicaraan kedua pihak.

Kapal induk AS sering kali mengarungi Laut China Selatan sementara pengerahan angkatan laut di perairan sengketa itu terus meningkat. Sejumlah petinggi AL di kawasan mengatakan kegiatan itu kini kerap dibayangi oleh kapal-kapal China.

Vietnam dan pemerintah-pemerintah lain di kawasan khawatir akan pembangunan pulau buatan yang dilakukan China dengan cepat di kepulauan Spratly dalam rangka menerapkan klaimnya atas sebagian besar perairan sengketa yang menjadi jalur perdagangan senilai $3 triliun per tahun itu.

Sementara sejumlah pengamat di China menggunakan kehadiran Carl Vinson untuk menuntut pengerahan militer lebih besar di Laut China Selatan, secara resmi Beijing tidak banyak berkomentar sejak rencana kunjungan diumumkan pada Januari lalu.

Pengumuman itu dilakukan di tengah kunjungan Menteri Pertahanan AS James Mattis yang berlangsung dua hari di Hanoi, sekaligus menyusul diplomasi militer belakang layar yang telah berlangsung selama berbulan-bulan antara kedua pihak.

Meski tidak ada kapal induk AS yang mengunjungi Vietnam sejak perang berakhir, kapal-kapal perang lain yang lebih kecil telah beberapa kali berkunjungi sementara hubungan dua negara yang sempat bermusuhan itu terus membaik dalam beberapa tahun terakhir.

Di antaranya adalah kunjungan kapal perawat kapal selam USS Frank Cable dan kapal penghancur peluru kendali USS John S McCain, 2016 lalu, ke Cam Ranh Bay, sebuah kompleks logistik krusial saat Perang Vietnam.

Sumber : CNN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s