Tahap Kedua Roadmap Produk Alat Pertahanan Segera Rampung

Kaplan MT 3 OEM (donanimhaber)
Kaplan MT (donanimhaber)

Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) tengah menyusun tiga peta jalan (roadmap) pembinaan produk Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (alpahankam). Tahap pertama berupa penguasaan desain yang berlangsung tahun 2010 hingga 2014 lalu. Tahap kedua yakni penguasaan teknologi dimulai tahun 2015 hingga 2019. Tahap ketiga berupa pengembangan baru yang dimulai tahun 2020 hingga 2024.

“Ini memuat tujuh program prioritas industri pertahanan. Ketujuhnya mencakup propelan, roket, rudal, medium tank, radar, kapal selam dan pesawat tempur,” kata Ketua Tim Pelaksana KKIP Laksamana TNI (Purn) Sumarjono saat berdiskusi dengan wartawan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (2/3).

Ia menjelaskan dalam membangun industri pertahanan, harus melalui konsep triple helix. Konsep ini merupakan sinergi antara pendidikan tinggi, pemerintah dan industri pertahanan. Industri pertahanan tidak akan maju jika tidak ada dukungan dari pemerintah dan perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi dan industri pertahanan bekerja sama melalui penelitian, pengembangan dan rekayasa untuk memajukan keterampilan dalam inovasi teknologi. Sementara pemerintah mendukung apa yang dilakukan industri pertahanan dan perguruan tinggi,” ujar Sumarjono.

Ketua bidang Alih Teknologi dan Ofset KKIP Laksamana Muda TNI (Purn) Rachmad Lubis menambahkan KKIP bertekad membangun kemandirian industri‎. Untuk mencapai tersebut, telah disusun masterplan pembangunan hingga 2029. Masterplan tersebut sejalan dengan target kekuatan pembangunan alpahankam sampai 2029. “Targetnya mencapai suatu postur ideal alpahankam yang memiliki mobilitas tinggi dan daya pemukul yang bagus,” ujarnya.

KKIP berprinsip selalu melihat keingingan pengguna yaitu TNI dan Polri dalam pengadaan alpalhankam. “Itu disesuaikan dengan aspek keamanan nasional,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui dalam UU No 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, KKIP merupakan perwakilan pemerintah. KKIP mengkoordinasikan kebijakan nasional dalam perencanan, perumusan,‎ pelaksanaan, pengendalian, sinkronisasi dan evaluasi industri pertahanan. KKIP dikepalai langsung oleh presiden, dibantu ketua harian yakni Menteri Pertahanan dan wakilnya Menteri BUMN. Anggota KKIP terdiri dari sembilan kementerian, Panglima TNI dan Kapolri.

Sumber : Berita Satu

Advertisements

3 thoughts on “Tahap Kedua Roadmap Produk Alat Pertahanan Segera Rampung”

  1. Pendidikan sangat penting,apalagi byk mahasiswa dan pelajar yg cerdas”,tinggal diberi informasi dan pengetahuan industri peralatan tempur dipastikan indhan indonesia meningkat

    Klo kurang dosen pengajar,panggil para ilmuan luar negeri utk isi mata kuliah,lihat sj jepang mrk bayar ilmuan indonesia utk kerja dan mengajari mahasiwa mereka

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s