Selangkah Lebih Maju, Apa Saja Peningkatan KCR 60 M Batch 2?

Peluncuran kapal perang tipe kombatan KCR 60 M batch kedua telah dilaksanakan di Divisi Kapal Perang PT PAL hari Selasa tanggal 27 Februari 2018 yang lalu. Pembangunan KCR 60 ini berdasarkan berdasarkan kontrak jual beli antara Kementerian Pertahanan Nomor : TRAK/828/PDN/XII/2015/AL.

KCR 60 M batch kedua ini menyandang nama Kerambit, sebuah senjata yang menyerupai cakar harimau dari ranah minang. Kapal perang anyar tersebut mendapatkan nomor lambung 627, sesuatu yang unik dimana sebelumnya TNI AL memberikan nomor yang berurutan pada KCR 60 M batch pertama, KRI Sampari – 628, KRI Tombak  – 629 dan yang terakhir KRI Halasan – 630.

Kapal Cepat Rudal 60 M batch kedua ini memiliki Panjang 60 Meter, Lebar 8,1 Meter, Draft 2,5 – 2,6 Meter (Full Load), Bobot 500 Ton, Kecepatan Patroli 15 Knot, kecepatan Jelajah 20 Knot, kecepatan Maksimal 28 Knot, Jarak Jelajah 2.400 NM, Ketahanan 5 hari dan menggunakan Mesin 2 X 3,900 BHP. Kapal Perang ini diawaki oleh 55 ABK dan mampu mengarungi lautan hingga kondisi Sea State 6.

Lalu, apa saja yang dilakukan PT PAL untuk meningkatkan performa KCR 60 M Batch 2 ini? Berikut ini Peningkatan (Improvement) kemampuan KCR 60 m Batch 1 ke Batch 2 :

  1. Main Engine : 2 x 2880 kW menjadi 2 x 3900 kW, untuk meningkatkan Max Speed dari 28 Knot (Half Load) menjadi 28 Knot (Full Load),
  2. Telescopic Crane : 1 Ton menjadi 2 Ton, untuk meningkatkan daya angkat,
  3. Pada KCR 60 M Batch 2 dilengkapi dengan Sewage Treatment Plant, untuk pengolahan limbah secara mandiri,
  4. Pada KCR 60 Batch 2 dilengkapi dengan Fin Stabilizer, untuk meningkatkan stabilitas kapal,
  5. Perubahan Classification dari BKI ke IACS Members (Lloyd’s Register), terjadi penguatan konstruksi secara memanjang sehingga kapal lebih tahan terhadap impact.

PT PAL telah selangkah lebih maju dalam menyempurnakan produknya. Ini diperoleh dari masukan TNI AL sebagai pengguna utama alutsista buatan dalam negeri.

Photo : PT PAL Indonesia telah menyelesaikan kapal perang pesanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk TNI AL dengan tipe kapal cepat rudal (KCR) 60 Meter atau Kombatan. KCR 60 tersebut diberi nama ‘Kerambit’. (ANTARA/Zabur Karuru)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

9 thoughts on “Selangkah Lebih Maju, Apa Saja Peningkatan KCR 60 M Batch 2?”

  1. @dek dian pramana putra

    Dek, mbah kurang jelas dengan maksute item nomer 5 : “…terjadi penguatan konstruksi secara memanjang sehingga kapal lenih tahan terhadap impact.”?

    Maksute perkuatan seperti apa ini…hhh

    Like

    1. Konstruksi memanjang : konstruksi di sepanjang lambung kapal diperkuat, mungkin pakai baja dobel atau lebih tebal

      Like

    2. Sepemahaman saya IACS members itu semacam biro konsultan teknik untuk memberikan kontribusi bagi kualitas yang tinggi… jadi dalam hal ini salah satu poinya adalah pada penguatan konstruksi secara memanjang – penguatan kenstruksi mungkin maksudnya ada tambahan konstruksi arah memanjang yang bertujuan untuk memperkuat konstruksi… misal kalau dalam kasus pintu plat diberikan tekukan atau kupingan sehingga lebih kuat strukturnya, sehingga saat terkena tabrakan misalnya lebih mampu bertahan…
      Ah padahal mbah mien pasti sudah mudeng,,, ngapain juga saya jabarkan

      Like

  2. wah wah wah Mbah mien juga mau diperpanjang? kan KTPnya sudah seumur hidup, apa rudal yang mau diperpanjang biar lebih kenceng?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s