Dubes Kroasia Ingin Memperkuat Hubungan Kerja Sama dengan Indonesia

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Kroasia Untuk Indonesia H.E. Mr. Drazen Margeta.
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Kroasia Untuk Indonesia H.E. Mr. Drazen Margeta. (Kemhan)

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Kroasia Untuk Indonesia H.E. Mr. Drazen Margeta. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang sudah terjalin erat.

“Selamat datang. Mudah-mudahan pertemuan ini banyak bermanfaat bagi kerja sama kedua negara”, ungkap Menhan RI saat menyambut kunjungan Dubes Kroasia untuk Indonesia, Selasa (27/2) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dalam kunjungan ini, Dubes Kroasia menyampaikan bahwa hubungan kerja sama Indonesia dan Kroasia telah dibangun sejak lama dalam prekspektif kepentingan yang saling menguntungkan. Jarak yang jauh antara kedua negara, menurut Dubes Kroasia tidak menjadikan penghalang untuk terus memperkuat kerja sama yang sudah dibangun. “Memang jauh secara jarak, tetapi secara hati dekat ”, tutur Dubes Kroasia.

Lebih lanjut disampaikan Dubes Kroasia bahwa Kroasia ingin sekali untuk memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia khususnya dengan Kementerian Pertahanan RI. Keinginan tersebut telah ditandai pada saat kunjungan Menhan Republik Kroasia ke Indonesia pada tahun 2015 yang lalu. Setelah kunjungan itu, Delegasi dari Kroasia juga telah berkunjung ke beberapa industri pertahanan yang ada di Indonesia untuk menjajaki potensi kerja sama industri pertahanan.

Selain di bidang industri pertahanan, Kroasia juga ingin memperkuat kerja sama di bidang cyber defence, dimana saat ini salah satu perusahaan dari Kroasia di bidang cyber telah melakukan kerja sama dengan beberapa Universitas di Indonesia.

Pada bulan Maret mendatang, Kroasia juga akan menyelenggarakan konferensi internasional tentang cyber di Indonesia yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. “Seminar ini sudah enam kali, tetapi selalu dilakukan di Kroasia dan baru pertama kali di luar Kroasia yakni di Indonesia. Dan kami sangat senang dapat dilaksanakan di Indonesia”, ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menhan RI menyampaikan menyambut baik terutama terkait kerja sama di bidang cyber. Kedua negara dapat saling bertukar ilmu pengetahuan guna meningkatkan kemampuan di bidang cyber. “Diharapkan Cyber Defence yang dimiliki Kemhan RI akan lebih maju dengan adanya kerja sama dengan Kroasia”, harap Menhan RI.

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s