TNI Fokus Indonesia Timur dan Tengah

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai upacara Alih Kodal PPRC TNI di Taxi Way Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, Jumat (2302). (TNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai upacara Alih Kodal PPRC TNI di Taxi Way Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, Jumat (23/2). (TNI)

Panglima TNI, Marsekal Hadi, mengungkapkan sesuai Rencana Strategi (Renstra) II Tahun 2014-2019, TNI akan membangun tiga markas satuan baru di wilayah Papua Barat.

“Berencana akan segera membentuk satuan yaitu pembentukan Markas Komando Divisi Infanteri 3/Kostrad, Markas Komando Pasmar 3 Korps Marinir dan Markas Komando Operasi Angkatan Udara (Makoopsau) 3 di Papua Barat,” ungkapnya, Sabtu (24/2).

Pembangunan ketiga markas TNI tersebut, menurut Hadi, dalam rangka pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) yang sudah ditetapkan sebagai program pembangunan kekuatan TNI dalam Renstra II 2014-2019.

“Semua kesatuan baru ini untuk memitigasi berbagai ancaman dan akan kita konsentrasikan untuk operasional di wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Hadi menjelaskan, wilayah tengah dan timur Indonesia saat ini menjadi wilayah yang diprioritaskan TNI.

“Wilayah tengah dan timur Indonesia saat ini perlu gelar kekuatan satuan tempur TNI dan rencana program pembangunan kekuatan TNI sudah sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) kedua TNI,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Panglima TNI menyebutkan bahwa sampai saat ini, proses pembentukan dan pengorganisasian Markas Komando Pasukan Marinir 3 TNI AL yang berlokasi di Kabupaten Biak, Sorong, Papua Barat, masih dalam tahap proses dan terus berjalan untuk segera diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pertahanan dan Sekretaris Kabinet.

Sumber : Akurat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s