Inggris Menyetujui Penjualan HMS Ocean ke Brazil

Dijual ke Angkatan Laut Brasil dengan harga sekitar £ 84 juta, keuntungan yang dihasilkan dari penjualan akan diinvestasikan kembali dalam pertahanan Royal Navy yang diperkuat dengan dua jenis kapal selam baru dan dua kapal induk besar.

HMS Ratu Elizabeth, yang pada akhirnya akan berperan sebagai kapal induk baru, baru saja berlayar dari pelabuhan Gibraltar membawa dua Chinook dan empat helikopter Merlin saat ia bersiap untuk uji coba pengoperasian helikopter di laut.

Dilansir dari Gov.uk (19/02), Selama 20 tahun sejak memasuki layanan pada tahun 1998, HMS Ocean telah menempuh lebih dari 450.000 mil laut. Keputusan menghentikan operasi kapal pada tahun 2018 telah lama direncanakan, saat kapal mencapai akhir masa pakai yang terencana, dikonfirmasi dari Strategic Defence and Security Review (SDSR) 2015.

Catatan militernya terbentang dari Operation Palliser saat perang sipil Sierra Leone ke Operation Ellamy sebagai bagian dari sebuah koalisi internasional di Libya pada tahun 2011.

Baru-baru ini, HMS Ocean menunjukkan kemampuan dalam melakukan bantuan kemanusiaan dan bencana saat kapal mendukung bantuan koban badai pada Operasi Ruman di Karibia pada musim panas yang lalu.

Penjualan HMS Ocean dikelola oleh Defense Equipment Sales Authority (DESA), yang merupakan bagian dari organisasi pengadaan MOD, Defense Equipment and Support. Otorita menyediakan layanan penjualan dan disposal services yang efisien kepada angkatan bersenjata dan juga pelanggan di Inggris dan luar negeri.

Clive Walker, Kepala DESA, mengatakan:

Kami memiliki rekam jejak yang teruji dalam memasok peralatan pertahanan surplus dari pemerintah ke pemerintah. Penjualan HMS Ocean ke Angkatan Laut Brasil akan memberikan pengembalian finansial ke Inggris, yang akan diinvestasikan kembali dalam pertahanan.

HMS Ocean akan melakukan penonaktifan dari Royal Navy pada bulan Maret, dan rencananya Angkatan Laut Brasil akan mengambil alih kapal tersebut pada bulan Juni 2018.

Modifikasi kapal akan dilakukan oleh perusahaan Inggris Babcock dan BAE Systems, dengan pendanaan dari Brazil.

Photo : HMS Ocean (Wiki)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s