Saab Meluncurkan Pesawat GlobalEye AEW & C Pertama

Saab meluncurkan platform peringatan dan pengendalian dini (Airborne Early Warning and Control/ AEW&C) GlobalEye pertama dalam sebuah upacara di fasilitas produksi Linkoping di Swedia pada tanggal 23 Februari.

Ini merupakan pesawat Bombardier Global 6000 business jet pertama dengan sistem GlobalEye AEW&C yang diumumkan ke publik. Pesawat akan segera memulai program uji coba darat dan uji penerbangan untuk mengumpulkan data aerodinamika sebagai bagian dari pengembangan yang sedang berlangsung dan program produksi menjelang dimulainya pengiriman ke Uni Emirat Arab (UEA).

Sebagai pelanggan tipe tersebut, UEA menandatangani kontrak untuk dua pesawat GlobalEye dengan moniker sebelumnya dari Swing Role Surveillance System (SRSS) pada akhir 2015. Sedangkan pesawat ketiga dipesan pada awal 2017 (bersamaan dengan kesepakatan yang diumumkan, terungkap bahwa dua sistem Erieye yang ada di negara tersebut diinstal pada Saab 340 turboprop yang juga akan ditingkatkan).

GlobalEye dibangun di sekitar radar Saab Erieye Extended Range (ER), dimana perusahaan telah menyimpan konfigurasi sirip punggung eksternal dari sistem Erieye asli, ia dilengkapi dengan teknologi baru dan sebagian besar tidak diungkapkan.

Saab mengatakan ER Erieye tahan terhadap jamming, dan memiliki dua kali lipat efisiensi daya radar dibandingkan dengan iterasi Erieye sebelumnya.

Platform juga dilengkapi dengan semua fungsi cuaca di semua domain (pengawasan udara, laut, dan darat), dan tingkat pelacakan yang “sangat tinggi” terhadap sasaran yang diinginkan.

Perusahaan sebelumnya telah memberi angka 650 km plus untuk jangkauan radar, namun dengan menggunakan sistem Active Electronically Scanned Array (AESA) berarti bahwa hal ini dapat meningkat secara dramatis dengan memfokuskan energi pada area tertentu.

Sistem dikatakan “take the drama out of stealth” terkait kemampuannya dalam mendeteksi low observable aircraft, kata Saab, sebagaimana dilansir dari Janes (23/02).

Photo : The first Saab GlobalEye AEW&C aircraft was rolled out at the company’s Linkoping production facility on 23 February, ahead of trials and delivery to the UAE. (Saab)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

2 thoughts on “Saab Meluncurkan Pesawat GlobalEye AEW & C Pertama”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s