Angkatan Laut Indonesia Menerima Empat UAV ScanEagle pada Tahun 2018

Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) saat ini tengah mempersiapkan penerimaan empat kendaraan pengintai tanpa awak (UAV) Insitu ScanEagle dari pemerintah AS, ungkap seorang sumber dari dinas tersebut pada tanggal 23 Februari.

Sistem, peralatan dan peluncur UAV disediakan di bawah skema hibah oleh pemerintah AS di bawah program pengembangan kapasitas untuk angkatan laut Asia Tenggara yang dikenal sebagai Maritime Security Initiative (MSI).

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) called Scan Eagle launches from a pneumatic wedge catapult launcher (Wiki)
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) called Scan Eagle launches from a pneumatic wedge catapult launcher. (Wiki)

Dilansir dari Janes (23/02), MSI pertama kali diumumkan oleh sekretaris pertahanan AS Ashton Carter pada iterasi 2015 dari Shangri-La Dialogue di Singapura. Inisiatif ini berupaya meningkatkan kemampuan maritim negara-negara mitra di kawasan ini, yaitu Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Khusus untuk Indonesia, MSI berupaya meningkatkan kemampuan patroli maritim di negara itu, integrasi ISR, dan kapasitas pemeliharaan peralatan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk melindungi kawasan maritim dan sumber daya ekonomi secara memadai, dan berkontribusi terhadap keamanan dan stabilitas regional, demikian ungkap sebuah catatan mengenai program tersebut dari situs web pemerintah AS.

UAV Insitu ScanEagle (Drone War) E
Kendaraan pengintai tanpa awak (UAV) Insitu ScanEagle (War Drone)

Selain TNI-AL, penerima manfaat program MSI lainnya termasuk penjaga pantai negara tersebut (Indonesia), yang akan menerima bantuan dalam pengembangan organisasi dan pelatihan keterampilan teknis dari pemerintah AS.

UAV ScanEagle dapat dilengkapi dengan berbagai jenis payload termasuk pencitraan elektro-optik, sensor infra merah gelombang panjang, dan radar X-band. Informasi tentang jenis sensor yang akan hadir bersama UAV Indonesia saat ini tidak tersedia.

Photo : Kendaraan pengintai tanpa awak (UAV) Insitu ScanEagle (Expo UAV)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s