Ajudan Dekat Duterte dalam Kontroversi Fregat

Desain kapal perang untuk AL Filipina (Istimewa)
Desain kapal perang untuk AL Filipina (Istimewa)

Senat Filipina mulai menyelidiki pembelian dua fregat angkatan laut senilai USD300 juta kepada asisten khusus Rodrigo Duterte, yakni Christopher “Bong” Go.

Christopher “Bong” Go, dilansir dari Reuters, Selasa (20/1), diduga terlibat dalam proses pengadaan sistem manajemen tempur untuk kapal fregat dari Hyundai Heavy Industries Korea Selatan berdasarkan sebuah dokumen yang bocor dan telah dipublikasikan media nasional Filipina.

Persidangan yang diminta oleh Senat sedang mencari, apakah Go telah melebihi batasan keterikatannya untuk kontrak pertahanan.

Menurut Malaya Business Insight menyatakan bahwa Go dituduh melakukan intervensi dalam pemilihan sistem manajemen tempur (Combat Management System-CMS) yang akan dipasang di dua kapal perang yang sedang dibangun oleh Hyundai Heavy Industries Korea Selatan untuk Angkatan Laut Filipina.

Go membantah melakukan kesalahan dan membacakan sebuah kritik untuk media, yaitu “berita palsu”. Menurut kantor Malaya,Go telah mengatakan bahwa dia akan mengundurkan diri jika tuduhan dalam proyek Angkatan Laut terbukti benar.

Sandra Han, perwakilan Hyundai Heavy Industries, menghadiri persidangan pada hari Senin (20/2) kemarin. Namun, tidak ditanya apakah Go terlibat atau tidak. Sehingga ia tidak dapat memberikan komentar pada persidangan itu.

Namun, Senator Antonio Trillanes, salah satu kritikus setia Duterte, percaya Go tidak akan melakukan apapun tanpa perintah Duterte.

“Jika terbukti bahwa dia terlibat, maka itu bukan karena Bong Go memiliki ketertarikan terhadapnya, tapi Duterte menaruh perhatian padanya,” sebut surat kabar Philippine Star mengutip Trillanes.

Sumber  : Akurat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s