Potensi Penjualan T129 Atak dan UAV Anka II

Pakistan berencana membeli 30 unit helikopter serang T129 Atak yang dibangun oleh Turkish Aerospace Industries (TAI), kata Tamer Ozmen, wakil presiden untuk pemasaran dan komunikasi perusahaan, di Singapore Airshow minggu ini. TAI sangat dekat dengan penandatanganan kontrak, katanya.

Pada bulan Desember, TAI juga menerima RfI dari Thailand untuk T129 Atak dengan kemungkinan pengadaan delapan atau lebih helikopter.

Ozmen mengatakan bahwa TAI juga mengembangkan UAV yang akan bersaing di pasar internasional untuk misi pengawasan HALE, serupa dengan Northrop Grumman RQ-4 Global Hawk. Pesawat akan bisa mencapai ketinggian 15.000 m dengan menggunakan mesin jet.

Dalam tahap perencanaan, perusahaan sedang dalam diskusi dengan calon mitra pembangunan internasional yang potensial, kata Ozmen.

Dilansir dari Shephard Media (08/02), TAI juga berada di tahap R & D UAV Anka II dengan bodi yang sama dengan Anka asli, namun dengan sayap yang diperluas dan didukung oleh dua mesin. Anka asli didukung oleh satu mesin 155hp di belakang dan memiliki kemampuan untuk mencapai ketinggian maksimum 9.000 m.

Anka II akan mampu “mendaki” sampai 12.000 m. Kedua pesawat memiliki daya tahan 24 jam. Muatan akan meningkat dari 200kg menjadi 750kg untuk Anka II. Di luar muatan sensor dan sistem yang sama, Anka II juga bisa membawa dua bom Mk 82, katanya.

Ozmen juga mengatakan bahwa dua UAV pertama Anka-S (SATCOM) dikirim ke Angkatan Udara Turki pada 1 Februari. Dia mencatat bahwa semua angkatan bersenjata Turki lainnya dilengkapi dengan original 200km-range line-of-sight variant, meskipun stasiun darat dapat meluas sampai 400 + km.

Anka telah menjalin kerja sama yang kuat dengan DRB-HICOM Defense Technologies (DefTech) Malaysia untuk penjualan langsung UAV Anka. Ini akan menjadi penjualan internasional pertama, jika disetujui.

Indonesia juga sangat tertarik untuk pengadaan enam pesawat dengan dua ground station. Baik Malaysia dan Indonesia berbagi garis pantai yang dikelilingi oleh pulau-pulau yang menguntungkan untuk kegiatan maritim ilegal, seperti pembajakan dan penyelundupan.

Photo : Anka drone versi UCAV (JetPhotos)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

One thought on “Potensi Penjualan T129 Atak dan UAV Anka II”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s