Ketua KKIP: Alutsista Kita Belum Ditakuti

Flypass Sukhoi Warnai Farewell Flight Komandan Skadron Udara 11. (TNI AU)
Flypass Sukhoi Warnai Farewell Flight Komandan Skadron Udara 11. (TNI AU)

Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan Laksamana TNI (Purn) Sumardjono mengatakan alat utama sistem pertahanan atau alutsista yang dimiliki Indonesia belum ditakuti negara lain. Soalnya, Indonesia saat ini masih tergolong sebagai negara konsumen dalam hal pengadaan instrumen pertahanan itu.

“Kalau masih bergantung pada produk luar negeri, pertahanan kita belum bisa dikatakan absolut. Belum ditakuti,” ujar dia di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Hal tersebut disampaikan Sumardjono bersama tim KKIP saat bertemu Menko Polhukam Wiranto hari ini. Pertemuan perdana ini, kata dia, bertujuan untuk menyampaikan pandangan KKIP terhadap Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang industri pertahanan. KKIP juga menjelaskan perannya dalam hal pengadaan alutsista.

“Untuk menyamakan persepsi aja ya supaya kami dalam menyikapi UU itu dalam persepsi yang sama sehingga pengadaan alutsista akan lebih cepat,” tutur Sumardjono.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ini mengatakan saat ini industri pertahanan Indonesia belum sepenuhnya mandiri. Sebagian besar masih bergantung pada produsen luar negeri ihwal pengadaan alutsista.

Dampaknya adalah saat embargo militer Amerika Serikat terhadap Indonesia, kata Sumardjono, TNI kewalahan dalam menanggulangi bencana tsunami yang melanda Aceh 26 Desember 2014 lalu. TNI saat itu kekurangan alat berat yang siap dipakai untuk penanggulangan bencana. “Peralatan kita saat itu tidak ada yang siap,” tutur dia.

Dengan begitu, melalui pertemuan ini Sumardjono berharap antara KKIP dan Kemenko Polhukam memiliki pandangan yang sama soal percepatan pengadaan alutsista. Ia juga menyampaikan agar kedepannya industri pertahanan Indonesia dapat memenuhi kebutuhan alutsista dalam negeri.

Sumber : Tempo

Advertisements

One thought on “Ketua KKIP: Alutsista Kita Belum Ditakuti”

  1. klo mau ditakuti tanpa alutsista mumpuni ya pesta rakyat 60an lagi

    apa harus nunggu hasil konkow bareng mbah buyut Kissinger sma om Potus lagi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s