Penugasan Perdana CN 235 Patroli Maritim

Pencarian kapal hilang kontak KM Mega Top III berawak 29 orang kini melibatkan pesawat CN 235 Patroli Maritim. Disebutkan, pencarian adalah penugasan perdana bagi pesawat milik TNI AL ini.

“Ini penugasan perdana,” kata co pilot CN 235, Novito saat memperkenalkan sejumlah mesin dan peralatan yang dimiliki pesawat itu kepada awak media di apron Bandara DR FL Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah, Selasa (6/2).

Dia menyebutkan, CN 235 buatan PT Dirgantara Indonesia ini akan melakukan pencarian dengan menggunakan sejumlah peralatan canggih. Diantaranya radar dengan kemampuan deteksi 200 Noutical Mile yang dapat menjangkau kapal selam yang sedang melakukan penyelaman.

Tak hanya itu, CN 235 ini disebutkan juga diperkaya Electronic Support Measures (ESM),  data recorder, dan printer dan Forward Looking Infrared (FLIR) dengan kemampuan kamera yang mampu menangkap gambar hingga 20 bit.

“IC dan data link dengan data berkapasitas besar, dan data yang kita dapatkan di laut bisa kirim real time ke bawah,” kata Novito.

Disebutkan juga, pesawat ini diawaki sebanyak 7 kru dan akan melakukan pencarian dengan kemampuan terbang pesawat selama 9 jam.

“Jadi efektif untuk patroli,” katanya.

Diketahui, TNI AL akhirnya menurunkan CN 235 Patroli Maritim milik TNI AL. Penugasan ini adalah perintah langsung KASAL untuk mencari KM Mega Top III yang hilang sejak 3 Januari lalu dan belum ditemukan hingga hari ini. Penyisiran menggunakan pesawat ini telah diawali pada hari ini kendati masih belum ditemukan tanda-tanda keberadaan kapal tersebut.

Photo : CN 235 Paroli Maritim (Akurat)

Sumber : Akurat

Advertisements

One thought on “Penugasan Perdana CN 235 Patroli Maritim”

  1. Wuaduh…bensinnya cukup nggak ya kalo buat patroli sampe samudra hindia, soalnya diperkirakan KM Mega Top 3 udah terbawa arus sampai ke samudra hindia di selatan srilanka ?!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s