Menhan China Hadiri Pertemuan Menhan ASEAN di Singapura

Menhan China Hadiri Pertemuan Menhan ASEAN di Singapura
Menhan China Hadiri Pertemuan Menhan ASEAN di Singapura (Kemhan)

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menghadiri ASEAN Defense Minsiters’ Meeting (ADMM) Retreat 2018 atau Pertemuan para Menteri Pertahanan se-ASEAN di Singapura, Selasa (6/2). Pertemuan yang mengangkat tema, “Strengthening Cooperation, Building Resilience” selain dihadiri Menhan anggota ASEAN juga dihadiri Menhan China.

Dalam pertemuan yang dibuka oleh Menhan Singapura Ng Eng Hen ini, Menhan RI mengangkat beberapa isu diantaranya mengenai penanggulangan teroris dan patroli keamanan trilateral. Menhan RI mengatakan bahwa Indonesia telah lebih dulu melakukan kegiatan tersebut.

Terkait dengan kelompok teroris ISIS, Menhan RI menyampaikan gagasan tentang penanggulangan teroris ISIS. Dikatakan Menhan bahwa negara-negara kelompok ASEAN harus bekerjasama mengatasi perkembangan ISIS agar kejadian di Marawi Philipina tidak terulang kembali.

“Kita harus memonitor keuangan teroris, kita harus kerja sama. Kita dapat informasi ada aliran dana masuk ke kawasan ini dari beberapa negara yang masuk ke Indonesia dan Philipina Selatan,” ujar Menhan RI. Selain memantau aliran dana, Menhan RI juga menyampaikan untuk terus memantau media sosial yang digunakan kelompok ISIS untuk menyebarkan propaganda.

Menhan RI mengungkapkan para simpatisan ISIS yang kembali ke negara asal termasuk Indonesia harus terus dipantau. Pemantauan akan ditindaklanjuti melalui forum “Our Eyes”. Forum “Our Eyes” dibentuk dengan maksud untuk mendeteksi teroris, mengeliminir dan menghancurkan sekaligus meniadakan perompak-perompak di kawasan trilateral agar kita mengetahui kedudukan para teroris.

Pada hari yang sama sebelum mengikuti ADMM Retreat 2018, Menhan RI juga menghadiri Pembukaan Singapore Air Show 2018 di Changi Exhibition Center (CEC). Pameran dirgantara atau Singapura Air Show merupakan ajang pertemuan Menteri Pertahanan diluar ADMM untuk melakukan kerjasama di bidang industri pertahanan. “Selain itu, ajang ini juga dapat digunakan untuk mempersatukan negara-negara tidak hanya di ASEAN tetapi juga diluar ASEAN,” ujar Menhan RI.

Setelah melakukan peninjauan ke beberapa stan di Singapore Air Show, masih di tempat yang sama Menhan RI dan negara peserta ADMM Retreat melaksanakan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura atau ADMM Joint Call on Prime Minister H.E. Lee Hsien Loong. Dilanjutkan dengan menyaksikan SA18 Flying DisplayDisplay dan demo penerbangan Jupiter Aerobatic Team TNI AU.

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

2 thoughts on “Menhan China Hadiri Pertemuan Menhan ASEAN di Singapura”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s