Kisah Kapal Selam Indonesia Mengunci HMS Victorious di Selat Sunda

KS Alugoro TNI AL

Pada tanggal 28 September 1964, KS Alugoro (Whiskey Class) berhasil mengunci dengan depth persicope (kedalaman periskop) HMS Victorious yang sedang melewati selat Lombok tanpa terdeteksi HMS Victorious dan destroyer pengawalnya yang dilengkapi kemampuan AKS.

Mengapa bisa demikian? di bulan Agustus biasanya angin muson timur bertiup kencang di sepanjang perairan Indonesia, kemungkinan karena melewati selat dengan deburan ombak besar dan kencang, maka juru sonar armada Inggris tak mampu mendeteksi KS Alugoro, mereka baru mengetahuinya saat KS Alugoro muncul di depan HMS Victorious dan memberikan kode morse ‘Bon Voyage’ dan kemudian dibalas AL Inggris dengan kode yang sama.

Sekalipun seluruh armada Inggris sudah siap dan ingin menghancurkannya. Mereka sama sekali tak mengetahui bila saat itu masih ada 3 kapal selam Whiskey Class yang bertugas bersama KS Alugoro.

Kisah ini merupakan prestasi luar biasa KS Whiskey class ALRI, dimana HMS Victorious merupakan kapal induk, dan pasca PD II Belum pernah ada KS diesel yang mampu melakukan hal tersebut bahkan AL Sovyet sekalipun.

Lebih hebatnya karena Whiskey class yang dibeli Indonesia jauh lebih primitif dari seluruh KS PD II Jerman, Jepang dan Inggris karena tidak dilengkapi WC di dalamnya.

Kisah ini tercatat dalam buku ‘Pengabdian Hiu Kencana’ yang tertulis sebanyak 2 paragraf saja.

Sumber : Buku ‘Pengabdian Hiu Kencana’ via Napak Tilas Indonesiaku (15 September 2015).

Advertisements

8 thoughts on “Kisah Kapal Selam Indonesia Mengunci HMS Victorious di Selat Sunda”

    1. Kalo gak ada WC nya ya “plunglap” kayak kereta jaman dulu bang…tapi kalo kapalnya lagi nyelem yg dalam, “eeknya” gak mo keluar, malah balik nimbul soale tekanan air diluar kapal selam lebih besar, xixixixi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s