BSSN Bekerjasama dengan Australia untuk Menghadapi Serangan Cyber

The US defense industry is reeling after the latest massive cyber attack - Business Insider
Photo Ilustrasi : The US defense industry is reeling after the latest massive cyber attack. (Business Insider)

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan akan bekerjasama dengan mitra Australia dalam menciptakan standar penanganan serangan cyber.

“Kemarin kami menyelenggarakan lokakarya dengan teman-teman dari Australia dan kami akan bekerja sama secara teknis setidaknya dalam penanganan insiden, dalam menciptakan standar,” juru bicara BSSN Anton Setiawan mengatakan kepada ANTARA News Agency di sela-sela Forum Digital Indonesia-Australia 2018 di Jakarta, Rabu.

Dilansir dari Republika (05/02), BSSN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Koordinator Bidang Hukum, Keamanan dan Politik, bertukar pengalaman untuk pengembangan kapasitas dengan Australia, kata Anton.

BSSN, yang didirikan hanya sebulan yang lalu, belajar dari sharing pengalaman dalam penerapan kebijakan keamanan cyber nasional.

“Kami hanya perlu melanjutkan dengan lebih terpusat seperti yang dilakukan oleh Australia sebagai mitra kerja, juga agen nasional Australia,” kata Anton.

Dia mengatakan sejumlah instansi serupa dari negara lain telah menyatakan minatnya untuk bekerjasama dengan BSSN dan langkah-langkah tindak lanjut telah dilakukan dengan beberapa dari mereka.

Selain keamanan dunia maya, Indonesia-Australia Digital Forum 2018 juga membahas industri kreatif, kesehatan digital, teknologi dan start-up serta pemerintahan yang cerdas.

Forum Digital Australia-Indonesia merupakan prakarsa bersama Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada sebuah pertemuan di Sydney pada tahun 2017 untuk membahas promosi kerjasama dalam bidang sains, teknologi dan inovasi.

Kegiatan 31 Januari-1 Februari 2018 merupakan forum pertukaran gagasan di sektor digital untuk menangkap potensi perdagangan dan pembangunan yang didukung oleh teknologi.

Editor : (D.E.S)

Advertisements

One thought on “BSSN Bekerjasama dengan Australia untuk Menghadapi Serangan Cyber”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s