Uji Coba Senjata Penangkal Rudal AS di Hawaii Gagal

Militer Amerika Serikat (AS) gagal menembak jatuh rudal yang ditembakkan dari pesawat dalam uji coba yang digelar di Hawaii, Rabu 31 Januari 2018.

Seorang sumber militer, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (1/2/2018), menjelaskan, skenario awal, rudal musuh ditembakkan dari pesawat lalu dicegat menggunakan rudal jenis SM-3 Block IIA yang diluncurkan dari lokasi pengujian Aegis Ashore di Hawaii. Namun rudal itu gagal mengenai sasaran.

Tak dijelaskan mengapa sampai terjadi kegagalan. Analisis mengenai hal ini masih dilakukan.

SM-3 Block IIA dikembangkan oleh perusahaan pertahanan AS, Raytheon, bekerja sama dengan Jepang. Fokusnya adalah mencegat rudal berdaya jangkau menengah.

Sementara itu Badan Pertahanan Rudal AS belum memberikan komentar terperinci terkait kegagalan pengujian itu.

“Badan Pertahanan Rudal dan para prajurit Angkatan Laut AS mengoperasikan Aegis Ashore Missile Defense Test Complex (AAMDTC) menguji coba penembakan rudal menggunakan Standard Missile (SM)-3 Block IIA dari Fasilitas Pelucuran Rudal Pasifik di Kauai, Hawaii, Rabu pagi,” kata juru bicara Badan Pertahanan Rudal, Mark Wright.

Ini merupakan kegagalan pengujian rudal penangkal kedua setelah pada Juni lalu. Namun pengujian pada awal 2017 berhasil.

Pengujian rudal penangkal ini tak lepas dari upaya mengantisipasi serangan dari Korea Utara (Korut). Kesuksesan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Korut pada akhir November 2017 meningkatkan ketegangan, tak hanya antara Korut dengan negara tetangganya, tapi juga dengan AS. Bahkan rudal Hwasong-15 yang diuji coba itu diklaim bisa menjangkau seluruh daratan AS.

Tak cuma AS, Jepang juga menambah kekuatan pertahanan wilayahnya dengan membeli rudal-rudal jarak menengah dari AS. Pemerintah Jepang sudah meminta penambahan anggaran militer untuk tahun 2018, sebagian besar dari penambahan itu digunakan untuk memperkuat sistem pertahanan dari ancaman rudal Korut.

Photo : Standard Missile-3 (SM-3) (Raytheon)

Sumber : I News

Advertisements

9 thoughts on “Uji Coba Senjata Penangkal Rudal AS di Hawaii Gagal”

    1. lah bagaimana mau belajar sama beliau..la wong rudalnya si mbah meleset mulu..justru beliau sedang membutuhkan terapis khusus..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s