Brandenburg Class, Frigat Jerman

Frigat Tipe 123 Brandenburg Class dipesan pada bulan Juni 1989 untuk menggantikan Kelas Hamburg. Tugas utama Frigat ini adalah operasi anti-kapal selam, namun juga berkontribusi pada pertahanan anti-udara, dan tactical command of group forces and surface operations. Kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari skuadron Frigat ke-6 Wilhelmshaven.

Mengacu pengalaman proyek ‘Nato frigate for the nineties’ yang dibatalkan dan pembangunan frigat misi multi-misi Tipe 122 Jerman, serta teknik modularisasi Jerman, pembuat kapal Hamburg Blohm + Voss mengembangkan kombinasi Meko dan desain Frigat Tipe 122 yang telah disempurnakan.

Baja kapal memiliki fitur stealth, ruang ekstra untuk task group personnel dan stabilisator sirip. Frigat ini dirancang untuk membawa dua helikopter Sea Lynx mk88 AgustaWestland dan perahu karet untuk operasi.

F218 Mecklenburg-Vorpommern Bugansicht (Wiki)
F218 Mecklenburg-Vorpommern Bugansicht (Wiki)

Kapal pertama, Brandenburg (F215), dibangun oleh Blohm + Voss dan mulai ditugaskan pada bulan Oktober 1994; Yang kedua, Schleswig-Holstein (F216), dibangun oleh pembuat kapal Kiel yang berbasis di Howaldtswerke dan ditugaskan pada bulan November 1995; yang ketiga, Bayern (F217), dibangun oleh Emise yang berbasis di Thyssen Nordseewerke dan ditugaskan pada bulan Mei 1996; dan yang keempat, Mecklenburg-Vorpommern (F218), oleh pembangun berbasis Bremen, Bremer Vulkan, ditugaskan pada bulan November 1996.

Brandenburg Class Control Centre F218 Mecklenburg-Vorpommern (NT)
Brandenburg Class Control Centre F218 Mecklenburg-Vorpommern (NT)

Desain Frigat Brandenburg Class

Brandenburg memiliki displacement 4.700 ton dalam keadaan penuh dan memiliki panjang keseluruhan 138.9 m. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 29 kt dengan menggunakan turbin gas dan 18 kt menggunakan mesin diesel, dan dapat menumpuh jarak kurang lebih 4.000 nm pada kecepatan 18 kt. Kapal tersebut bisa menampung 118 awak kapal (termasuk 19 kru udara).

Brandenburg Class (NT)
Bridge Frigat Tipe 123 Brandenburg Class (NT)

Command and Control

Combat data system menggabungkan Atlas Elektronik / Paramax SATIR action data automation with Unysis UYK 43 computer, Link 11, dan Astrium (formerly Matra Marconi) SCOT 1A satellite communications. Senjata dikendalikan oleh sistem MWCS Thales Nederland (sebelumnya Signaal) dengan dua optical sights.

Angkatan Laut Jerman memulai program upgrade umum untuk sistem tempur di empat Brandenburg dan delapan frigat Bremen Class (F122). Sebuah kontrak diberikan kepada Thales pada bulan September 2005 untuk menyediakan sistem arsitektur terbuka baru untuk menggantikan SATIR.

Upgrade selesai pada tahun 2011. IBM memasok dan memasang perangkat tambahan Link 16 dan juga memasang sistem distribusi informasi multifungsi elektronik EADS (MIDS).

Brandenburg Class has Oto Melara 76mm - 62 mk75 main gun (NT)
Brandenburg Class has Oto Melara 76mm/ 62 mk75 main gun (NT)

Frigate Weapon

Kapal tersebut dipersenjatai dengan dua peluncur kembar untuk rudal permukaan-ke-permukaan MM38 Exocet, dari MBDA (sebelumnya EADS Aerospatiale). Exocet memiliki panduan inersia dengan active radar homing dan jarak jangkau 42 km. Sistem peluncur vertikal Lockheed Martin mk41 mod 3 untuk 16 rudal darat-ke-udara jarak jauh dari Sea Sparrow juga telah dipasang.

Sea Sparrow memiliki panduan terminal radar semi-aktif dengan jangkauan 14,5 km.

Kapal tersebut juga memiliki dua 21-cell launchers untuk RAM (rolling airframe) short-range surface-to-air missile. Rudal RAM memiliki panduan inframerah dan memiliki jangkauan 9,5 km.

Kapal tersebut dilengkapi dengan satu meriam utama Oto Melara 76mm / 62 mk75, yang memiliki tingkat tembakan 85 putaran per menit dan jangkauan antara 16 km untuk anti-permukaan dan 12 km untuk anti-udara, dan dua senjata Rheinmetall 20 mm Rh 202. Senjata Rh 202 diatur untuk diganti dengan sistem senjata navval Mauser MLG 27 yang baru, yang dapat menembakkan amunisi FAPDS (frangible armor-piercing discarding sabot).

Dua tabung torpedo 324 mm mk32 dipasang untuk ATK (AlliantTechsystems) mk46 torpedo anti-kapal selam aktif / pasif.

Brandenburg Class has two SCLAR decoy dispensers for chaff and infrared flares (NT)
Brandenburg Class has two SCLAR decoy dispensers for chaff and infrared flares (NT)

Brandenburg Countermeasures

Suite peperangan elektronik mencakup FL 1800 S-II electronic support measures dan countermeasures system, yang dikembangkan oleh DaimlerChrysler Aerospace, sekarang EADS Systems & Defense Electronics. Dua Oto Melara SCLAR decoy dispensers dipasang untuk chaff dan infrared flares.

Pada bulan Januari 2007, Schleswig-Holstein (F216) dilengkapi dengan empat peluncur Rheinmetall Waffe Munition MASS (multi-ammunition softkill) decoy system yang kemudian ditugaskan untuk menjadi bagian dari misi PBB UNIFIL, memantau pantai Lebanon pada bulan April 2007.

MASS decoy mencakup radar, infrared, electro-optic, laser dan ultraviolet wavebands. Pada bulan Juni 2007, Rheinmetall dikontrak untuk memasok MASS untuk tiga kapal lainnya, pekerjaan yang selesai pada tahun 2009.

Brandenburg Class terpedos (NT)
Brandenburg Class terpedos (NT)

Sensor

Air / surface search radar menggunakan radar Thales Nederland SMART 3D yang beroperasi di F band. Pencarian udara dilakukan oleh Thales Nederland LW08, radar D-band. Dua radar pelacak Thales Nederland STIR 180 untuk pengendali tembakan dan dua Raytheon Redpath I-band untuk navigasi juga ikut dipasang.

Juga, Atlas Elektronik DSQS-23BZ hull-mounted medium-frequency search and attack sonar yang dilengkapi dengan low-frequency active sonar system (LFASS) towed array turut melengkapi sensor yang ada.

Pada bulan Maret 2007, EADS Defense Electronics dikontrak untuk memasok sistem informasi teman atau musuh (information friend or foe/ IFF) MSSR 2000 IFF Mode S pada Schleswig-Holstein (F216) untuk misi UNIFIL di Libanon.

Pada bulan November 2007, EADS menerima kontrak untuk melengkapi keempat kapal Brandenburg lainnya dengan sistem tersebut.

Fregatte Brandenburg F215 (Wiki)
Fregatte Brandenburg F215 (Wiki)

Tenaga Penggerak

Kapal ini didukung oleh mesin CODOG (gabungan diesel atau gas) dari dua turbin gas GE 2500, masing-masing memiliki kekuatan 33.600 hp dengan kecepatan putar  turbin 3.600 rpm, dan dua mesin diesel MTU ZOV956 TB92, masing-masing menghasilkan 6,568 hp pada 1.500 rpm , menggerakkan dua shaft dengan baling-baling yang dapat dikontrol, sebagaimana dilansir dari Naval Technology.

Photo : Fregatte Brandenburg F215 (Seaforces)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

6 thoughts on “Brandenburg Class, Frigat Jerman”

  1. Kira-kira 5 tahunan lagi, bakal ada 4 biji sekenan kapal perang dari belanda dan belgia (Karel doorman class), yang terhitung masih ada hubungan kekerabatan (keponakan) dengan Van Speijk class milik TNI AL…kalo usianya sih lahiran tahun 80-an, tapi ruadarnya itu lho yg bikin ngiler

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s