Pengadaan Su-35, KSAU : Kalau Sudah Ditandatangani, Tahun Depan Pesawat Pertama Akan Datang

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan rencana pembelian pesawat tempur generasi 4,5, Sukhoi-35 dari Pemerintah Rusia masih terus berjalan.

“Sukhoi-35 masih jalan. Tidak ada pengaruh apa-apa, sesuai dengan apa yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,” kata Yuyu usai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Udara 2018 di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (26/1) seperti dikutip Antara.

KSAU mengatakan hal itu menanggapi informasi tekanan dari pemerintah Amerika Serikat agar Indonesia tidak membeli pesawat dari Rusia saat Menteri Pertahanannya, James Norman Mattis berkunjung ke Indonesia, Selasa (23/1).

Dalam kunjungan tersebut, saat bertemu Menhan Ryamizard Ryacudu, Mattis disebutkan menawarkan Indonesia untuk membeli alutsista dari negaranya.

“Saya tidak mendengar itu (soal dugaan tekanan dari AS). Saya dapat informasinya dari media. Yang pasti, kontraknya akan berjalan,” kata pria yang dilantik jadi KSAU pada 17 Januari 2018.

Yuyu pun berharap penandatanganan kontrak pembelian Sukhoi-35 bisa berlangsung pada Februari 2018.

“Kalau sudah ditandatangani kontrak tersebut, maka pada tahun depan pesawat pertama akan datang,” kata dia.

Saat dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 17 Januari lalu, Yuyu menegaskan prioritas dirinya adalah menyelesaikan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Kala itu, Yuyu berharap penandatangan kontrak Sukhoi bisa dilakukan bulan ini.

“Prioritas saya menyelesaikan alutsista sebagai contoh Sukhoi, mudah-mudahan Januari ini bisa tanda tangan kontrak,” ujar Yuyu usai dilantik sebagai KSAU kala itu.

Photo : Sukhoi Su-35 at the 2013 Paris Airshow (Noel McKeegan/ Gizmag)

Sumber : CNN

Advertisements

4 thoughts on “Pengadaan Su-35, KSAU : Kalau Sudah Ditandatangani, Tahun Depan Pesawat Pertama Akan Datang”

    1. Lha dulu yang katanya mau “arisan sukhoi”, ternyata juga cuma “kalau” alias wacana dowang, wang, wang….gak ada realisasinya, kihkihkih

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s