Hadi Tjahjanto Ingin TNI Ikut Serta Menanggulangi Terorisme

KSAU Marsekal Madya Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (MTVN)
Marsekal Madya Hadi Tjahjanto bersama KASAL, KSAD dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (MTVN)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta TNI dilibatkan dalam penanggulangan terorisme. Hadi beralasan keikutsertaan TNI tersebut sesuai dengan tugas pokok TNI.

“Sebagai penindak dan pemulih tentunya kami memiliki kewajiban untuk juga ikut serta dalam kaitan penanggulangan teroris,” kata Hadi seusai menutup rapat pimpinan di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu, 23 Januari 2018.

Hadi menginginkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme diubah menjadi penanggulangan aksi terorisme. Dia meminta dimasukkan satu pasal tentang tugas dan peran TNI di undang-undang tersebut untuk menjaga, menegakkan kedaulatan, dan menjamin keselamatan bangsa.

Atas alasan tersebut, Hadi menulis surat ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk membahas undang-undang tersebut. “Sehingga saya menulis surat untuk bisa memasukan peran TNI dalam penanggulangan terorisme,” ujar dia.

Hadi sebelumnya mengeluarkan surat berisi saran TNI terhadap Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Surat bernomor B/91/I/2018 itu disampaikan Hadi pada 8 Januari 2018.

Salah satu saran Hadi adalah mengganti judul “Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme” menjadi “Penanggulangan Aksi Terorisme”. Hadi menganggap judul sebelumnya membatasi wewenang pemberantasan terorisme yang hanya dapat ditangani kepolisian.

Sumber : Tempo

Advertisements

One thought on “Hadi Tjahjanto Ingin TNI Ikut Serta Menanggulangi Terorisme”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s