Rusia Tak Sabar Barter 11 Unit Sukhoi Su-35 dengan Indonesia

Rusia memiliki keinginan soal imbal dagang yang hendak dilakukan Indonesia dengan negara tersebut. Sebanyak 11 unit pesawat Sukhoi Su-35 direncanakan dibarter dengan komoditas-komoditas Indonesia agar bisa segera terlaksana.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, hal itu disampaikan oleh delegasi Asisten Federasi Rusia yang baru melakukan pertemuan dengannya.

“Rusia sangat ingin agar pembelian itu terlaksana,” ujar Wiranto di Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2018.

Wiranto menyampaikan, dia segera melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah menteri terkait yaitu menteri Perdagangan, menteri Perindustrian, dan menteri Pertahanan untuk membahas hal ini. Imbal dagang juga akan dilakukan dengan mengacu pada peraturan yang berlaku secara internasional saat melakukan mekanisme ini.

“Kendalanya hanya tinggal hal-hal teknis saja sebenarnya. Tapi ini masalah prinsipnya sudah diselesaikan. Masalah prinsip yaitu kebijakan sudah sama. Yang sana (Rusia) ingin jual, kita ingin beli,” ujar Wiranto.

Baru-baru ini pemerintah telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara Rusia terkait penukaran produk ekspor strategis seperti kopi, teh, dan minyak kelapa sawit dengan 11 pesawat Sukhoi-SU35.

Barter komoditas dalam negeri dengan alutsista militer ini dimaksudkan untuk mengganti sejumlah armada pesawat tempur F5 Indonesia yang sudah usang.

Selain itu, kesepakatan ini terjadi dalam kondisi Rusia sedang menghadapi embargo perdagangan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa. Rusia tengah membutuhkan sumber pasokan pangan alternatif.

Photo : Sukhoi Su-35 on the ground (Noel McKeegan-Gizmag)

Sumber : Viva

Advertisements

14 thoughts on “Rusia Tak Sabar Barter 11 Unit Sukhoi Su-35 dengan Indonesia”

  1. itu juga keinginan ane dan semua fans boy seterong.terlebih sales top yg sekarang lg sakit jempol..pengen cepet lihat su 35 terbang di atas kebon karet beliau..

    Like

  2. Russia jelas gerah dengan usaha USA menjegal pembelian ini, apalagi sampai menham datang dari sono… kalau saya sih, Su-35 itu berapapun jumlahnya adalah keharusan, karena itu adalah pespur terbaik yang bisa kita dapatkan… terlalu sulit untuk mendapatkan F-15/Rafale/Typhoon… jelas dengan memiliki ini kita akan lebih kuat di udara… dan saya yakin pilot Indonesia akan lebih membusungkan dada ketika bertemu dengan rekan2nya dari negara lain karena mengendarai salah satu pespur terbaik di Dunia…

    Like

  3. Jim: “Sir Ryacudu, forget the sukhoi. 48 F-16 are better than them”
    Ryacudu: “F-16 is better untuk dimainin musuh kan Jim…”

    Like

  4. berarti SUDAH DITANDA TANGAN kesepakatan kontraknya. sebagai bukti bertepatan datangnya menhan Amrik ini kebetulan atau memang benar benar datang untuk menyetop kontrak tsb 😀 pantes beli sukhoi lama kendala sebenarnya adalah blok barat keberatan!! hahahaha

    Like

  5. Awass vipeerr nylip d tikungan,, jngn kelaman sudah seabad su35 ga dateng2 juga, knp ya ko beli su35 susah amat hurus pke imbal dagang segala,, sdangkn beli produk USA gada angin ga da hujan tau2 dah nongol,, bbarang baggus jangn lama nawarny,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s