Menhan Sebut AS Keberatan RI Beli Sukhoi

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu menyebut adanya keberatan dari Amerika Serikat (AS) apabila RI membeli pesawat Sukhoi dari Rusia. Namun, menurut Ryamizard, pemikiran seperti itu harus dikesampingkan.

“Alutsista ini kan orang dulu kan dia agak keberatan kita membeli Sukhoi, tapi dia sampaikan, memang orang bijak. Saya akan sampaikan pada Kongres itu pemikiran itu harus dibuang,” ujar Ryamizard saat konferensi pers bersama Menhan AS James Norman Mattis di Gedung Jenderal Soedirman, Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018).

Ryamizard mengatakan RI bisa saja mengambil kesempatan membeli alutsista dari AS apabila ada anggarannya. Namun, menurutnya, saat ini alutsista RI sudah cukup.

“Ya kalau ada duitnya (beli alutsista AS),” ujar Ryamizard sembari tertawa.

Menurut Ryamizard, pembelian alutsista akan disesuaikan dengan usia masing-masing alutsista. Pembelian tergantung dari kebutuhan.

“Makin tahun kan ada yang harus diganti, kan tua-tua sudah pesawat terbang,” ujar Ryamizard.

“Saya rasa sementara cukup, kenapa? Kita kan nggak perang. Perang kita kan sama teroris, teroris kan nggak pakai gituan,” imbuh Ryamizard.

Sebelumnya Ryamizard bertemu dengan Mattis dalam pertemuan tertutup. Berbagai hal menjadi pembahasan keduanya termasuk tentang alutsista, Korea Utara, dan ISIS.

Photo : Su-35 (Istimewa)

Sumber : Detik

Advertisements

13 thoughts on “Menhan Sebut AS Keberatan RI Beli Sukhoi”

  1. Si Yankee so st4p¥d! Dulu kan ngembargo! Ya terang aja kita ogah beli 100% made in usa. Donkey aja nggak jatuh di lubang yg sama…

    Like

    1. Sebenarnya yang paling keberatan kemungkinan ya tetangga kita yg sebelah sana… tetapi karena tidak bergigi kalau menyampaikan keberatan akirnya minta tolonglah…

      Like

  2. pak menhan bisa aja nih….hahhahaa. ceritain aja pak susahnya waktu di embargo. sakitnya gak bisa bertindak waktu aussie ngajak main “perang-perangan”

    tegasin rakyat indonesia udah bosen liat tingkah US soal jual beli alutsista.

    Like

  3. Padahal kalau bukan karena kebijakan mereka… Indonesia mungkin tidak akan pernah membali Sukhoi… antara berterima kasih dengan adanya embargo dan juga sakit hati… tetapi minimal ada hal positif yang didapat… ya Sukhoi itu sendiri…

    Like

  4. Ya itulah nama ny usa,, ga pernah mikir apa dulu prnah ngembargo kit dengan gampangny dngn alasan ini itu,, jangn peduliin pak menham,, mau kberatan ke mau kaga, emang kita pikirin,, duit2 kita mau beli k mana aja ya trserah kita,, itulah enak ny negara non block,, mantap

    Like

  5. intinya US and cecunguk2nya pada ketakutan klo indonesia macannya bangun lgi, mereka belajar dri pengalaman thun 60an yg peristiwa irian barat, dimana kita dipasok alutsista dri Rusia yg paling canggih pada saat itu buat bantai belanda, sebelum kebantai belanda minta bantuan us ama ausie utk perundingan gencatan senjata, nah skrg mreka belajar dri pengalaman itu, klo bs mereka jdikan indonesia jd sekutu terbesar mereka buat berhadapan ama china dikasus LCS, Amerika tau yg bs menghadapi china itu cmn indonesia event china lbh canggih alutsistanya tp minim pengalaman perang, indonesia udah ratusan taun pengalaman perangnya makanya jd guru dri vietnam dan korut menghadapi amerika pada saat itu. Amerika jg akuin kekalahan mereka di Vietnam karena hasil taktik gerilya indonesia. makanya indonesia jd anak emas negara2 superpower utk bs djadikan aliansinya karena kualitas indonesia dlm berperang udh mumpuni bgt… dan hanya indonesia yg bs meredam konflik LCS, China sendiri aja takut klo konfrontasi langsung ama indonesia, makanya china nyerangnya pake sabu and narkotika biar generasi indonesia pada mental tempe semua…. itu semua trik dri china. Amerika skrg ga mau kalah pengaruhnya ama Rusia yg selalu manjain indonesia dlm hal alutsista, maka hibah F16 kmren itu spti hadiah permen aja biar indonesia lunak lg ama amerika, mereka blg akan hapus embargo2 tp mereka udh kecolongan dgn akuisisi sukhoi 35, amerika katanya siy mau ngasih akses buat indonesia buat beli F 22 raptor yg ga djual ke negara manapun termasuk anak emas amerika israel, supaya indonesia ga terlalu ke Rusia klo beli alat perang..

    Like

    1. gw suka gaya lw bro,

      kalo bisa komitmen kita sebagai non-block harus tetap terjaga

      suka2 kita dong beli peralatan dari siapa aja

      mamarika mau hibah ini itu kalo gx kasih TOT ke kita buat apa

      aussie aja masih menjadikan indonesia sebagai tameng buat mereka karena takut ama china yang mana mereka dah bikin pulau di LCS

      namun, kita juga harus pintar2 memilih peralatan pertahanan kita sendiri

      untuk senjata ringan (macam buat infantri) kita dah siap (buatan sendiri), panser anoa, komodo, mobil anti peluru, bahkan kita dapat TOT ilmu kapal dari korea (daewoo) ama dari penjajah kita, belanda, dah ada

      tank ama turki, kapal terbang doang yang susah (terutama teknologinya) ini masih susah nyarinya (walau dah kerja sama ama korea)

      kita juga semestinya jangan tergantung ama china dalam alustista (alat tempur) kan tau sendiri sindiran kita buat china “MADE IN CHINA”

      TAPI, intinya KITA JANGAN MAU MUDAH DIIMING2 AMA AMRIK, BOLEH KITA DAPAT HIBAH NAMUN JANGAN MINTA LEBIH

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s