James Mattis Upayakan Cabut Larangan Kopassus Masuk AS

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebut Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis akan mengupayakan pencabutan larangan bagi prajurit Komando Pasukan Khusus (kopassus) masuk ke AS.

“Kan dulu ada sanksi Kopassus enggak boleh ke situ dan lain-lain, dia (Mattis) akan usahakan mencabut itu,” kata Ryamizard usai bertemu dengan Mattis di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/1).

Ryamizard tak menjelaskan secara rinci sanksi yang dimaksud. Ia hanya menyebut sanksi yang diberikan adalah larangan masuk ke AS bagi prajurit kopassus, tidak bisa latihan bersama dengan militer AS, dan sebagainya.

AS memang pernah mengeluarkan larangan bagi Kopassus karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh pasukan elite tersebut selama operasi, di antaranya di Timor Timur, kerusuhan 1998, dan beberapa insiden lainnya.

Sejumlah jenderal TNI pun di pernah dicekal masuk ke AS, antara lain Prabowo Subianto, Wiranto, Zacky Anwar Makarim, Pramono Edhie Wibowo, Sjafrie Sjamsoeddin, serta Gatot Nurmantyo.

Ryamizard memahami jika Presiden AS Donald Trump merupakan sosok orang yang keras dan tidak akan mudah dirayu untuk mencabut sanksi tersebut.

Namun, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu meyakini Mattis selaku Menteri Pertahanan AS merupakan orang yang bijak sehingga bisa mengupayakan pencabutan sanksi tersebut.

“Donald Trump keras, tapi Mattis ini paling didengar di kabinet sana karena dia orang yang paling bijak walaupun ia tentara keras tapi dia bijak, maka didengar. Mudah-mudahan didengar benar ya,” tutur Ryamizard.

Photo : Kopassus dalam rangka persiapan peringatan HUT TNI ke-72 tahun 2017 di Banten. (Istimewa)

Sumber : CNN

Advertisements

6 thoughts on “James Mattis Upayakan Cabut Larangan Kopassus Masuk AS”

  1. aduh…apa untungnya sih…kalo rugi nya paling juga cuma yang udah jadi perwira tinggi aja. kan mereka yang gak bs jalan jalan ke amerika.

    selama ini apa harus ke amerika kah kalo mau latihan ?

    ada-ada aja nih uncle sam. pemerintah juga gak usah ngemis-ngemis. di aussie aja malah di lecehin.

    Like

  2. Kalau berlatih di sono nanti kalau sukses melakukan sebuah operasi militer dibilangnya.. nih hasil didikan gue… padahal Kopasus sendiri yang secara kualitas memang memiliki kemampuan unggul

    Like

  3. Syarat yg gak sebanding!! jika ada sangkut pautnya dengan keberatannya as pada kontrak dagang pembelian su35, lalu opsi negosiasi salah satunya adalah pencabutan larangan izin masuk kopasus ke as, izin pembelian hellfire, penambahan apache, izin pembelian chinook, izin pembelian blackhawk & Super stalilion, Izin pembelian Rudal AMRAAM & NASAM. jika Indonesia tidak mendengar keberatan itu, mungkin bisa jd as akan melakukan penekanan dari sektor lain (dewan perwakilan,politik tahun pilkada, politik tahun capres). ini hanya asumsi!!

    dasar nega picik yg selalu ingin menang sendiri dan kaya raya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s