Pemerintahan Amerika Serikat Tutup

Gedung Putih (Kompas)
Gedung Putih (Kompas)

Pemerintahan Amerika Serikat (AS) dinyatakan ditutup setelah Senat gagal menemui kata sepakat soal anggaran. Dengan demikian, ratusan ribu pegawai pemerintah tak bisa menerima bayaran sampai krisis politik ini selesai.

Pegawai pemerintah yang terdampak berhentinya pemerintahan ini adalah mereka yang bekerja di sektor pertahanan, penjaga hutan, serta para regulator di sektor bisnis. Mereka tak akan bekerja sampai Senat menemukan kata sepakat.

Sementara sektor yang tetap buka adalah penegak hukum, kantor imigrasi, bank central, serta rumah sakit militer.

Ini bukan kali pertama pemerintahan AS tutup. Pada 2013, sebanyak 800.000 pegawai pemerintah tepaksa ‘cuti’ mendadak.

Federasi Pegawai Pemerintah Amerika Serikat (AFGE), sebagaimana dikutip dari AFP, menyatakan, penutupan pemerintahan AS pada tahun ini akan berdampak pada 850.000 dari total 3,5 juta pegawai pemerintah.

Berikut sektor yang terdampak dan tidak akibat ditutupnya pemerintahan AS:

1. Kementerian Pertahanan (Pentagon) serta sektor keamanan dan penjaga perbatasan

Sebanyak 1,5 juta anggota militer, sebagian besar di bawah naungan Kementerian Pertahanan serta 40.000 pegawai di bawah Kementerian Keamanan Dalam Negeri, tetap bekerja.

Petugas di Customs and Border Patrol (CBP), Immigration and Customs Enforcement (ICE), serta warga di pelayanan imigrasi tetap bekerja seperti biasa, memantau arus masuknya warga ke AS melalui darat, laut, dan udara.

“Seluruh personel militer tetap aktif bertugas dan dalam status tugas normal,” demikian pernyataan Pentagon, beberapa waktu lalu.

Pihak yang terdampak adalah pegawai sipil di dua kementerian itu. Sebanyak tiga per empat dari total 740.000 pegawai Pentagon akan dirumahkan.

2. Sektor kunci pemerintahan

Pegawai Gedung Putih, Kongres, pengadilan federal, dan layanan veteran, juga tetap bekerja. Demikian pula dengan perusahaan pos dan logistik milik pemerintah.

3. Pegawai pemerintah di Kota Washington

Pegawai pemerintahan di Washington sebenarnya digaji menggunakan anggaran federal sehingga akan terdampak di beberapa sektor. Namun Wali Kota Muriel Bowser pada Jumat lalu mengatakan, semua pegawai pemerintah kota tetap masuk melayani masyarakat.

“Saya ingin menegaskan bahwa Washington DC tetap buka. Pemerintahan DC akan tetap memberikan pelayanan kepada warga kami,” ujarnya.

Dia menegaskan, petugas kebersihan akan tetap mengangkut sampah di area taman nasional di semua bagian kota, saat pegawai taman tersebut dirumahkan.

4. Transportasi

Badan Penerbangan Federal (FAA) yang mengontrol aru lalu lintas udara akan tetap beroperasi. Bandara juga tetap beroperasi melayani penumpang.

5.  Kesehatan

Sebagian besar petugas di bagian kontrol dan pencegahan penyakit (CDC) akan dirumahkan. Sebagian besar aktivitas penelitian di Institut Kesehatan Nasional juga dihentikan.

6.  Beberapa badan pemerintahan

Sebagian organisasi pemerintahan akan ditutup, seperti badan pendapatan, badan keamanan sosial, kementerian perumahan dan pengembangan perkotaan, kementerian pendidikan, kementerian perdagangan, kementerian tenaga kerja, dan badan perlindungan lingkungan.

Sumber : I News

Advertisements

3 thoughts on “Pemerintahan Amerika Serikat Tutup”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s