Jepang Akan Dilengkapi dengan 42 Unit F-35 pada Akhir Januari

Pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat dengan mesin Mitsubishi Heavy Industries Jepang akan digunakan sebanyak 42 unit mulai akhir Januari 2018.

“Pesawat akan dioperasikan mulai dari pangkalan udara militer di Misawa Perfektur Aomori mulai akhir bulan Januari 2018,” ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (20/01/2018).

Pesawat yang akan dipakai oleh pasukan Angkatan Udara Bela Diri Jepang (ASDF) itu akan diperlengkapi dalam waktu dekat dengan peluru kendali (rudal) jelajah jarak jauh buatan Norwegia dengan nama JSM (Joint Strike Missile) yang bisa menjelajahi jarak hingga 500 km.

Satu pesawat dengan harga 15 miliar Yen yang juga akan menggantikan 9 unit pesawat tempur lama di pangkalan Misawa mulai tahun fiskal mendatang.

Rudal jarak jauh tersebut juga disebut sebagai “enemy base attack” di mana memungkinkan menghajar pusat musuh yang menjadi target program rudal tersebut.

Jadi bukan hanya menghajar peluru kendali lawan, juga sekaligus bisa mendeteksi tempat sumber peluncuran rudal lawan dan menghancurkannya.

Sumber : Tribunnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s