Tanker TNI AU : “KC-46A Pegasus” atau Airbus A330

Angkatan Udara Indonesia telah memulai sebuah studi untuk meningkatkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara armadanya. Tujuannya adalah untuk membuat program akuisisi formal dua unit pesawat pada tahun 2024, ungkap seorang pejabat TNI AU pada tanggal 18 Januari.

Jenis pesawat yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah multirole tanker-transport (MRTT) A330 dari Airbus, dan apa yang Indonesia anggap sebagai versi militer dari tanker Boeing 767, mengacu pada KC-46A Pegasus.

Isu yang akan dibahas meliputi kesesuaian untuk kebutuhan operasional Indonesia, kompatibilitas metode pengisian bahan bakar dengan armada pesawat TNI AU, interoperabilitas dengan aset yang ada dan yang akan datang, serta biaya siklus hidup (life-cycle costs).

Juga kemungkinan opsi pendanaan lokal dan asing yang dapat dipakai, serta potensi pengaturan transfer teknologi dengan perusahaan lokal seperti produsen pesawat terbang milik negara PT Dirgantara Indonesia (PTD), kata pejabat TNI-AU tersebut.

Penyelesaian studi ini kemudian akan membuka jalan bagi definisi parameter program, dimana TNI-AU diharapkan meluncurkan program akuisisi formal, dan permintaan dana dari Kementerian Pertahanan RI pada 2020 hingga 2024.

Sebelumnya, TNI AU mengoperasikan dua KC-130B yang dilengkapi pod, yang dikirim pada awal 1960-an. Salah satu pesawat ini jatuh di Medan pada tanggal 30 Juni tahun 2015 setelah mengalami masalah mesin, dan sejak saat itu TNI-AU harus mengandalkan satu jenis pesawat terbang untuk memenuhi kebutuhan pengisian bahan bakar di udara.

Satu-satunya KC-130B saat ini ditempatkan di Skuadron Udara 32 di pangkalan udara Abdul Rachman Saleh di Malang, sebagaimana dilansir dari Janes (18/01).

Photo : KC-46A Pegasus (Boeing)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

12 thoughts on “Tanker TNI AU : “KC-46A Pegasus” atau Airbus A330”

    1. Mahal ?

      Memang, tapi suku cadang banyak tersedia di RI sebab banyak maskapai RI yang mengoperasikan A330 / A320.

      Teknisi maintenance sipil lokal juga biasa mengerjakan perawatan pesawat A330.

      Jadi pilihan MRTT menggunakan A330 MRTT adalah pilihan yang paling masuk akal.

      Like

      1. Banyak?

        Lha Wong Cuma Lion Sama Garuda Yg Punya A-330 Kok Banyak. Toh Lagian Jg Kedua Maskapai Tsb Pesennya Jg Gk Sampe 50 Unit. Dan Untuk MRO Itu Bisa di Atur Jika Beli Dari UAC. Dan lagian Ya Gk Mungkin Jg Maskapai Tsb Menyerahkan Itu Sucad Segitu Mudahnya.

        Like

        1. Whiiiii…kata sapa gak mudah?

          Buktinya dulu setelah kecelakaan herkules di condet, akhirnya mengungkap fakta adanya pencurian sparepart pesawat milik auri secara sistematis di bbrp lanud besar di jawa dan sucad curian tsb ternyata ditadah oleh maskapai komersial swasta kita

          Like

        2. Lebih banyak mana populasinya di RI IL96 atau A330 ?

          A330 ada 50 unit di RI tapi IL96 siapa yang pakai ya ? Perasaan nggak ada tuh maskapai RI yang pakai.

          Maskapai penerbangan terkemuka di dunia seperti SIA, JAL, KAL, KLM, BA, GA, Saudia, Emirates dll, nggak ada tuh yang pakai IL96 tuh.

          artinya populasi A330 JAUH LEBIH BANYAK (1390 unit) di dunia daripada IL96 yang hanya 30 unit.

          Populasi ribuan unit artinya nggak kuatir soal suku cadang daripada populasi cuma seuprit.

          Like

          1. Lah Wajr Seuprit Karena Itu Produk Baru Dan Di Jual Untuk Kalangan Tertentu. Tob Lagian Klau Mau Saya Bisa Aja Tawarin Tipe Lama Yg Populasinya Udah Segambreng.

            Like

          2. Tukang hitung macam lulusan akademi militer dan macam sudah pernah punya pengalaman perang, ternyata googling bisa bikin orang sotoy

            Like

    2. om dagang mulu om!! buat apa beli tanker rusia. pesawat SU-35/30/27 gak butuh SPBU terbang karena tipe pesawat tempur sejati. sedangkan F-16 memang manja jd harus nyusu di udara biar tetap energik!!wkwkwkw lagian emang bisa tanker rusia buat menyusui F-16 hehehe lebih baik beli pesawat tanker yang mesinnya bisa di maintenance di PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia. 😀
      mending beli PAKDA aja sekalian.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s