RTAF Tunda Upacara Penerimaan Dua Unit T-50TH Golden Eagle

Royal Thai Air Force (RTAF) telah mengumumkan penundaan upacara penerimaan dua armada pertama dari 12 pesawat tempur T-50TH Golden Eagle yang dibeli dari Korea Aerospace Industries (KAI) tanpa batas waktu setelah diberitahukan oleh produsen Korea bahwa jet latih tersebut membutuhkan lebih banyak pemeriksaan sebelum diserahkan.

Upacara tersebut sebelumnya dijadwalkan digelar di pangkalan udara Takhli di provinsi Nakhon Sawan, Jumat (12/12) untuk menerima dua pesawat dan dua pilot RTAF yang telah selesai berlatih dengan pesawat tersebut.

Menurut pernyataan RTAF, KAI telah memberitahukan bahwa ketika dua pesawat tersebut sedang dalam penerbangan ke Thailand pada 8 Januari, pilot yang ditugaskan untuk menerbangkan pesawat tersebut meghadapi cuaca yang sangat ganas sehingga memaksa mereka mendarat di bandara Kuantan di Malaysia.

Pilot dan teknisi melihat ada kejadian yang tidak biasa sehingga mereka memerlukan pemeriksaan menyeluruh secara detil untuk keamanan maksimal.

KAI kemudian mengatakan bahwa pihaknya harus menunda pengiriman pesawat untuk kemudian diperiksa untuk memastikan keamanan penuh sebelum dikirim ke RTAF.

Menurut Kantor Berita Korea Yonhap, KAI menerima dua pesananan terpisah dari Thailand untuk membangun empat jet latih T-50TH senilai US $ 110 juta pada 17 September 2015 dan delapan T-50TH senilai $ 260 juta pada tahun 2016.

RTAF menempatkan 12 pesawat T-50TH untuk pelatihan dan mendukung air striking mission, dengan pengiriman dua pesawat pertama pada bulan Januari, dan dua unit lainnya antara bulan April-Mei tahun ini, sebagaimana dilansir dari Thai PBS (12/01).

Photo : T-50TH Golden Eagle (4 Land of The King Cobra)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

4 thoughts on “RTAF Tunda Upacara Penerimaan Dua Unit T-50TH Golden Eagle”

  1. Entah mengapa saya merasa sepertinya mungkin memang bermasalah, dan jelas kurang baik kalau pesawat yang bermasalah didaratkan di negara pembelinya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s