KCR-60M Indonesia Kehilangan Kemampuan Serang Rudal

KRI Sampari 628 dengan AK-630 (Lembaga Keris)
KRI Sampari – 628 (Lembaga Keris)

TNI-AL telah melepaskan peluncur rudal dari KCR-60M miliknya, KRI Sampari – 628 merupakan bagian dari rencana Angkatan Laut untuk menyusun kembali kemampuan kapal perang kelas serang cepat.

Kapal tersebut selesai menjalani pembaharuan oleh perusahaan galangan kapal milik negara PT PAL pada tanggal 21 Desember 2017. Kini telah dipasang sebuah close-in weapon system (CIWS) Type 630 buatan China di atas tiang tumpuan di posisi buritan dimana dahulu merupakan tempat untuk membawa RHIB. Senjata ini merupakan versi Cina dari AK-630 kaliber 30 mm, yang dikembangkan oleh Rusia, dan dipasarkan oleh China Shipbuilding Trading Co.

Dengan demikian, RHIB KRI Sampari – 628 sekarang telah dipindahkan sedikit ke depan menempati ruang yang sebelumnya dipasang dengan peluncur rudal diagonal. Peluncur ini dimaksudkan untuk menyediakan kapsul dengan kemampuan rudal anti-kapal, dan mampu menembakan rudal seperti C-705 buatan China.

Indonesia mengoperasikan tiga kapal perang jenis KCR-60M yang ditugaskan antara bulan Mei dan September tahun 2014, dan saat ini sedang membangun kapal keempat dengan tipe sejenis.

Platform 59,8 m ini didukung oleh dua mesin diesel MTU 20V 4000M73L, dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 28 kt dan kisaran standar 2.400 mil (4.444 km) pada 20 kt, sebagaimana dilansir dari Jane’s (09/01).

Editor : (D.E.S)

 

Advertisements

11 thoughts on “KCR-60M Indonesia Kehilangan Kemampuan Serang Rudal”

  1. kalo ga ada anggaran/anggaran untuk infrastrukur, maklum 2018 tahun politik, anggaran untuk pencitraan dulu baru buay alutsista, rakyat jg ga tw itu kapal pake rudal atau ga

    Like

  2. Tuh peluncurnya sedang dicopot karena saat itu kapal sedang direnovasi.

    Saat kapal dikeluarkan dari hangar peluncurnya belum dipasang lagi tapi dudukan peluncur masih ada yaitu antara pintu belakang dengan perahu karet RHIB.

    Itu wartawannya aja yang pekok.

    Peluncur bisa dengan mudah dipasang saat akan bertugas lagi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s