Fitur Pesawat CN235-220 MPA TNI AL

Pesawat CN235-220 MPA pesanan TNI AL memeiliki beberapa fitur yang dibutuhkan TNI AL dalam melakukan misi operasi menjaga keamanan laut Indonesia. TNI AL sendiri memesan dua unit pesawat jenis MPA ini kepada PT Dirgantara Indonesia.

Dilansir dari Detik Finance (09/01), inilah beberapa fitur yang dimiliki CN235-220 MPA yang baru saja diserahkan kepada TNI AL.

Terdapat dua kursi yang berada di dekat pintu pesawat. Sementara di bagian tengah, terdapat beberapa monitor yang dapat memantau langsung rekaman kamera yang ada di bagian depan pesawat.

CN235 memiliki keunggulan pada Maximum Take Off Weight (MTOW) dimana pesawat sanggup melakukan lepas landas pada jarak yang pendek dengan kondisi landasan yang belum beraspal dan berumput.

CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) (09012018) (Aryo Nugroho) 2
CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) (Aryo Nugroho)

Pesawat juga mampu terbang selama 10 sampai 11 jam dengan sistem avionik full glass cockpit yang lebih modern, autopilot dan adanya winglet di ujung sayap agar lebih stabil dan irit bahan bakar.

Pesawat udara ini juga mampu mengakomodasi dua console yang dikengkapi dengan 360 derajat search radar. Teknologi ini mampu mendeteksi target yang kecil sampai pada jarak 200 Nautical Mile. Untuk pelacakan otomatis guna mengidentifikasi dan menemukan kapal lain, pesawat ini juga dilengkapi dengan Automatic Identification System (AIS).

CN235-220 MPA ini dilengkapi IFF Interrogator dan Tactical Computer System. Alat ini berupa sistem identifikasi yang dirancang untuk mengetahui lawan atau kawan dan terintegrasi ke komputer untuk menganalisis dan menentukan strategi operasi.

Pesawat juga dilengkapi dengan Forward Looking Infra Red. Keunggulannya adalah dapat mendeteksi dan mengklasifikasikan target di malam hari serta mampu merekam situasi di sekitar wilayah terbang untuk evaluasi misi.

Photo : CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) (Defence.pk)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

3 thoughts on “Fitur Pesawat CN235-220 MPA TNI AL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s