Unit Tempur Penerbad Akan Semakin Lengkap dan Beberapa Diantaranya Akan Diremajakan

Komandan Pusat Penerbad (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan persenjataan yang dimiliki AD, saat ini sudah cukup mumpuni. Karena, dengan bantuan persenjataan yang moderen itu mampu mendukung kegiatan personel yang ada di darat. Baik saat melakukan kegiatan latihan ataupun tugas negara lainnya.

Menurutnya, alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimiliki AD semakin moderen dan mumpuni. Sebab, AD mendapat tambahan persenjataan baru berupa tiga unit helikopter jenis Apache yang tiba di Lanumad Ahmad Yani Semarang, akhir tahun kemarin.

Tiga unit helikopter Apache dari delapan yang direncanakan itu, akan memerkuat armada tempur dari Penerbad.

Besar menjelaskan, dalam waktu dekat ini unit tempur yang dimiliki Penerbad akan semakin lengkap dan beberapa di antaranya akan diremajakan. Armada tempur yang akan melengkapi adalah pesawat CN295 sebanyak lima pesawat, dan 12 helikopter pendek menggantikan helikopter jenis Bolcow.

Dengan demikian, jelas Besar, personel Penerbad bisa melakukan fungsi penugasannya dibantu armada tempur terbaru. Yakni fungsi manuver, fungsi bantuan tembakan dan perbantuan unsur-unsur dukungan.

“Menjadi satu kebanggaan di mana kemampuan profesionalime kita sudah didukung dengan alutsista yang moderen. Kita punya pesawat yang handal, versi Rusia dan Amerika. Apalagi dengan kehadiran heli Apache yang menjadi tambahannya,” kata Besar, saat berada di Skadron 31/Serbu, Kamis (4/1).

Besar Harto yang belum lama menjabat sebagai Danpuspenerbad itu ketika berada di Skadron 31/Serbu diajak berputar keliling wilayah Semarang, Demak dan Kendal menggunakan helikopter jenis MI-35P selama kurang lebih 30 menit. Usai menikmati joy flight, Besar Harto mendapat anugerah wings kehormatan.

Photo : Danpuspenerbad Mayjen TNI Besar Harto Karyawan berada di dalam helikopter AH-64 Apache, di Markas Skadron 11/ Serbu Penerbad Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/ 1). (Chandra AN)

Sumber : Radio Idola

Advertisements

One thought on “Unit Tempur Penerbad Akan Semakin Lengkap dan Beberapa Diantaranya Akan Diremajakan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s