Jepang Ingin Modifikasi Kapal Perang Jenis Izumo untuk F-35B

Jepang mempertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan kapal perang jenis destroyer Izumo yang selama ini mampu menjadi pangkalan apung helikopter agar bisa dipakai mendarat dan lepas landas oleh jet tempur siluman F-35B milik marinir Amerika Serikat.

Rencana yang diumumkan Selasa (26/12) itu segera memicu reaksi keras dari Tiongkok. Saat ini Jepang memang sedang menghadapi ekspansi maritim Tiongkok dan ancaman nuklir serta rudal Korea Utara.

Jepang belum mengembangkan kapal induk untuk pesawat tempur sejak kalah dalam Perang Dunia 2 pada 1945.

Modifikasi kapal Izumo dimaksudkan untuk skenario ketika landasan udara Jepang dihancurkan oleh serangan rudal, dan juga untuk meningkatkan pertahanan di kepulauan barat daya Jepang di mana aktivitas maritim Tiongkok meningkat.

Jepang juga disebut-sebut ingin membeli F-35B, yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal, sembari memodifikasi Izumo.

Izumo yang berukuran panjang 248 meter adalah kapal perang terbesar yang dimiliki Jepang dengan dek rata yang bisa dirancang untuk memuat F-35B. Elevator yang menghubungkan dek dengan hangar bisa menampung pesawat canggih itu.

Kemungkinan modifikasi termasuk membuat jalur landai melengkung di ujung dek sehingga bisa meningkatkan daya tahan terhadap panas mesin jet. Selain itu juga direncanakan untuk meningkatkan kemampuan kendali trafik.

Kapal Izumo memiliki saudara bernama Kaga.

Namun Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan pemerintah belum membuat tahapan konkret untuk meningkatkan kemampuan Izumo.

“Terkait postur pertahanan, kami terus melakukan penjajakan. Namun belum ada eksaminasi konkret yang sudah dilaksanakan untuk (membeli) F-35B atau memodifikasi destroyer kelas Izumo,” kata Onodera.

Meskipun demikian, Tiongkok bereaksi keras atas berita tersebut dan mendesak Jepang untuk bertindak hati-hati dalam masalah keamanan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan tindakan Jepang dalam masalah keamanan dan militer selalu menarik perhatian para tetangganya dan juga masyarakat internasional karena pertimbangan sejarah.

Tindakan Jepang ini bisa melanggar Pasal 9 Konstitusi Pasifik yang mensyaratkan Jepang untuk patuh pada jalur perdamaian di era pasca-perang, ujarnya.

“Kami mendesak Jepang untuk bertindak lebih guna meningkatkan sikap saling percaya dan meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional,” kata Hua seperti dikutip media pemerintah Xinhua.

Photo : Izumo (cimsec)

Sumber : Berita Satu

Advertisements

3 thoughts on “Jepang Ingin Modifikasi Kapal Perang Jenis Izumo untuk F-35B”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s