Arsip Nasional Milik Inggris Hilang Kemana?

National Archives (Daily Star)
National Archives (Daily Star)

Ribuan dokumen arsip Inggris yang tersimpan di dalam Arsip Nasional, lenyap tak berbekas. Sebagian besar file tersebut berisi sejarah Inggris pada abad ke-20, termasuk di antaranya Perang Falklands, masalah Irlandia Utara, dan surat Zinoviev, yakni surat dari perwira MI6 berisi rencana makar.

Selain itu, dokumen penting lainnya juga ikut raib, seperti kegiatan Partai Komunis Inggris yang mengambil alih dana pemerintah Rusia setelah terjadi Revolusi Inggris 1917, situasi keamanan di Irlandia Utara pada 1970-an, hingga dokumen kesepakatan pertahanan antara Inggris dan Malaysia (dulu Malaya) pada akhir 1950-an, beberapa saat sebelum kedua negara berperang melawan Indonesia.

Dilansir dari Guardian, sebab hilangnya dokumen penting tersebut masih simpang siur. Menurut pegawai Arsip Nasional, kejadian itu terjadi karena beberapa dokumen diletakkan pada tempat yang salah. Namun, sebagian di antaranya diklaim telah dipindahkan ke Whitehall, untuk membatasi akses publik. Ada juga yang mengatakan dokumen-dokumen penting dan sensitif telah diambil oleh pemerintah.

“Arsip Nasional secara teratur mengirimkan daftar kepada pemerintah, terkait arsip yang mereka pinjam. Jika kami diberitahu bahwa ada dokumen yang hilang, kami akan menanyakan tindakan apa yang telah dilakukan dan tindakan apa yang diambil untuk menemukan berkas tersebut,” demikian keterangan Arsip Nasional Inggris.

Beberapa sejarawan tidak percaya begitu saja pada Kementerian Luar Negeri, setelah Guardian mengungkap fakta bahwa pemerintah menimbun 1,2 juta arsip ilegal di kompleks keamanan di Milton Keynes.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Inggris menolak melepaskan dokumen-dokumen penting di bawah Undang-Undanga Kebebasan Indormasi. Alasannya, seluruh dokumen tersebut mengandung informasi rahasia dan sensitif.

File-file itu menyangkut masalah penjualan senjata ke Arab Saudi, operasi pasukan khusus Inggris melawan Indonesia dan teknik interogasi.

Sumber : Jurnas

Advertisements

One thought on “Arsip Nasional Milik Inggris Hilang Kemana?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s