Setelah 103 Tahun Hilang, Bangkai Kapal Selam AL Australia Ditemukan

HMAS AE1 at Devonshire Dock, Barrow-in-Furness soon (Flicker)
HMAS AE1 at Devonshire Dock, Barrow-in-Furness soon (Flickr)

Kapal Selam HMAS AE-1 merupakan kapal selam pertama Australia yang hilang pada 103 tahun lalu. Kapal tersebut berhasil ditemukan di perairan dari pulau-pulau Duke of York di Papua Nugini.

“Ini adalah salah satu penemuan paling signifikan dalam sejarah maritim angkatan laut Australia,” ujar Menteri Pertahanan Marise Payne, dilansir dari BBC, Kamis, 21 Desember 2017.

“Ini juga merupakan kerugian pertama bagi Angkatan Laut Australia dan kerugian kapal selam sekutu pertama dalam Perang Dunia I, sebuah tragedi yang dirasakan bangsa kita dan sekutunya,” lanjut dia.

Kapal selam tersebut ditemukan dalam misi pencarian ke-13. Tim pencari menggunakan drone bawah air yang mengambang 40 meter di atas dasar laut untuk menjelajahi daerah tersebut.

Bangkai kapal ditemukan di lebih dari 300 meter air. Payne menambahkan bahwa tim pencari telah melakukan upacara peringatan singkat untuk mereka yang kehilangan nyawa di kapal.

Pemerintah Australia akan mencoba menghubungi keluarga kru kapal laut tersebut. Mereka akan bekerja sama dengan pihak berwenang Papua Nugini dalam memperingati situs itu.

“Saya benar-benar percaya ini akan membawa ketenangan bagi keluarga dan generasi penerus kru yang kehilangan nyawa mereka,” tutupnya.

HMAS AE-1 adalah kapal selam Sekutu pertama yang hilang dalam Perang Dunia I. Kapal ini lenyap dari Rabaul, Papua Nugini dengan 35 awak kapal Australia dan Inggris di kapal pada 1914.

Sumber : Metrotvnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s