Kontrak Delapan Unit AH-64 Apache Indonesia Mencakup Opsi Akuisisi Batch Tambahan

TNI AD menerima tiga dari delapan helikopter AH-64E Apache Guardian pertama yang dipesan dari Amerika Serikat, dimana lima unit platform yang tersisa akan dikirimkan pada tahun 2018.

Pada bulan Januari 2015, Departemen Pertahanan AS memberi Boeing kontrak senilai 296 juta dollar AS untuk memasok delapan unit AH-64E Apache Guardian ke Indonesia. Kontrak tersebut merupakan penjualan platform militer baru terbesar AS ke Indonesia sejak Washington mencabut embargo senjata yang diberlakukan di negara Asia Tenggara tersebut dari tahun 1990an sampai 2005.

Lockheed Martin kemudian dikontrak untuk memasok helikopter dengan fire-control sensors dalam bentuk delapan Lot 9 Modernised Target Acquisition Designations/ Sight Pilot Night Vision Sensors (M-TADS/PNVS) serta suku cadang.

Perkembangan terakhir terjadi sehari setelah Jane melaporkan bahwa Boeing telah menawarkan perluasan kerja sama industri dengan Indonesia untuk mendukung program negara tersebut dalam memasok helikopter Apache Guardian dan helikopter angkut CH-47F Chinook.

Kementerian Pertahanan (MoD) di Jakarta mengatakan pada tanggal 13 Desember bahwa Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah bertemu dengan Eksekutif Penjualan Regional Boeing Yeong-Tae Pak untuk membahas kerjasama mengenai kedua program pengadaan tersebut.

Jane mengetahui bahwa TNI-AD membutuhkan 16 unit AH-64 Apache dan bahwa kontrak untuk delapan unit helikopter awal mencakup opsi untuk akuisisi batch tambahan, sebagaimana dilansir dari Jane’s (20/ 12).

Photo : AH-64 Apache TNI AD. (Ways_Shiva)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

7 thoughts on “Kontrak Delapan Unit AH-64 Apache Indonesia Mencakup Opsi Akuisisi Batch Tambahan”

    1. Njir. Tapi Ngomong-2 Elders Jama Now Keren-2 Amat Ya?. Bisa Backflip di Atas Beli Lho!. Gila Pantes Mbh Berani Atraksi Di Bakar Propelan Kelapa.

      Like

  1. tetap porsinya harus beli alutsista dari blok timur lebih besar dari blok barat! antisipasi jika ada embargo di kemudian hari!!!

    Like

  2. Koprol diatas beling mbah mien sdh biasa, itu dianggap sebagai obat pegal aja, rencana nya tahun baru mbah mien mau adain atraksi bakar diri dgn propelan batok sambil dimakan habis itu propelan nya …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s