Amerika Serikat Akui Dua Jet Tempurnya Pernah Kejar UFO

enampakan objek terbang tak dikenal atau UFO yang dikejar dua jet tempur AS di lepas pantai California tahun 2004. (Screen video New York Times)
Penampakan objek terbang tak dikenal atau UFO yang dikejar dua jet tempur AS di lepas pantai California tahun 2004. (Screen video New York Times)

Ada yang menarik dari pengakuan Pentagon Amerika Serikat (AS) terkait program rahasia penyelidikan Unidentified Flying Object (UFO) atau objek terbang tak dikenal yang berakhir 2012.

Program berbiaya puluhan juta dolar ini menghasilkan dokumen yang isinya termasuk pengakuan bahwa dua pesawat jet tempur F/A-18F Angkatan Laut pernah mengejar UFO di wilayah udara lepas pantai California Agustus tahun 2004.

Dokumen yang dilaporkan New York Times tersebut menyatakan bahwa objek terbang tak dikenal bergerak sangat cepat tanpa tanda penggerak yang terlihat atau melayang tanpa alat angkat yang jelas. Objek itu berwujud oval warna keputihan-putihan seukuran pesawat jet.

Dua jet tempur pengejar UFO itu dilesatkan dari kapal USS Princeton yang sejatinya sedang dalam latihan tempur di wilayah lepas pantai San Diego. Jet-jet tempur tersebut menangkap kontak radar yang tidak biasa di sekitarnya, sehingga memicu para pilot melakukan penyelidikan.

”Benda-benda itu muncul tiba-tiba di ketinggian 80.000 kaki (24km), dan kemudian meluncur ke arah laut, akhirnya berhenti di ketinggian 20.000 kaki (6km) dan melayang. Kemudian mereka keluar dari jangkauan radar,” bunyi laporan Angkatan Laut AS, yang dikutip Senin (18/12/2017).

”Melayang 50 kaki (15m) di atas churn adalah sejenis pesawat—keputihan—panjangnya sekitar 40 kaki (12m) dan berbentuk oval. Pesawat itu melompat-lompat tak menentu, bertahan di atas gangguan ombak namun tidak bergerak ke arah yang spesifik,”  kata seorang komandan Angkatan Laut AS David Fravor. ”Gangguan itu tampak seperti ombak dan berbusa, seolah airnya mendidih.”

Objek misterius itu awalnya naik ke arah yang mendekati jet tempur AS saat para pilot berputar untuk melihatnya dengan baik. Namun, objek tersebut kemudian berhenti saat pesawat AS mendekat.

”Akselerasinya cepat seperti yang tak pernah saya lihat sebelumnya,” ujar salah satu pilot yang melaporkan kejadian tersebut. Ketika kapal USS Princeton berusaha untuk mendekat, objek misterius itu lenyap.

The Advanced Aviation Threat Identification Program, nama program rahasia Pentagon berbiaya USD22 juta tersebut dijalankan Pentagon atas desakan Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Harry Reid.

Program itu dimulai tahun 2007—laporan lain menyebut 2009—dan resmi diakui Pentagon berakhir 2012. Meski dinyatakan berakhir, Departemen Pertahanan AS itu diam-diam masih melakukan penyelidikan rahasia terkait keberadaan UFO, termasuk soal penampakan UFO tahun 2004.

Juru bicara Pentagon, Dana White, membenarkan adanya program penyelidikan UFO tersebut. ”The Advanced Aviation Threat Identification Program berakhir pada rentang waktu 2012,” kata White kepada Politico.

”Sudah ditentukan bahwa ada isu prioritas lain yang lebih penting yang layak mendapat dana dan demi kepentingan Departemen Pertahanan untuk membuat perubahan,” lanjut White.

“Departemen Pertahanan menanggapi secara serius semua ancaman dan ancaman potensial terhadap orang-orang kita, aset kita, dan misi kita dan mengambil tindakan setiap ada informasi yang kredibel,” imbuh White.

Sumber : Sindonews

Advertisements

8 thoughts on “Amerika Serikat Akui Dua Jet Tempurnya Pernah Kejar UFO”

  1. Dua jet tempur pengejar UFO itu dilesatkan dari kapal USS Princeton yang sejatinya sedang dalam latihan tempur di wilayah lepas pantai San Diego. Jet-jet tempur tersebut menangkap kontak radar yang tidak biasa di sekitarnya, sehingga memicu para pilot melakukan penyelidikan.

    —————————————

    Wah Jelas Nih Itu Cuma Propaganda AS. Setau Saya USS Pricenton Itu yg Sekarang Cuma Ada Dari kelas Penjelajah. Dan Kapal Induk Yg Bernama USS Pricenton Baik CV (Carrier Vessel) Ataupun CVL (Carrier Vessel Light) Udah Gk Ada Dan Terakhir Menampakan Wujudnya Di Tahun 70An. Memang Ticonderga Bisa Bawa 2 Unit Kendaraan Terbang. Tapi Itu Helikopter Bukan Pesawat.

    Like

    1. http://www.independent.co.uk/news/world/americas/ufo-video-us-navy-tracking-pilots-footage-unidentified-object-a8116356.html

      Pesawat F-18 di luncurkan dari kapal induk Nimitz. sedangkan USS Pricenton “Naval Cruise” adalah pihak yang melaporkan setelah dideteksi adanya objek diketinggian 80.000 ft, USS Pricenton sedang menyelidiki objek terbang selama 2 minggu… itu yang saya baca di Independent…
      Mohon dikoreksi saja pak Admin, karena bisa seperti bung Jimmy, menerima informasi yang ketika di track ternyata tidak sesuai

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s