Uji Coba Penggunaan B30 Awal 2018

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (kanan) dan Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam Kementerian ESDM Dadan Kusdiana (tengah) saat di Belitung. (MTVN)
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (kanan) dan Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam Kementerian ESDM Dadan Kusdiana (tengah) saat di Belitung. (MTVN/Desi Angriani)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal melakukan uji coba penggunaan 30 persen minyak nabati pada solar (B30). Uji coba dimulai pada awal Januari 2018 terhadap transportasi kereta api dan kapal pertambangan.

“Kajian teoritis uji coba langsung. Kita harus memilih jalurnya lokomotif yang digunakan dipilih dari pabrikan yang beda, jumlah angkutan teknis perkeretaapian, pasokan perlu waktu. Itu tidak sebatas kajian,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Belitung, Sabtu, 16 Desember 2017.

Arcandra mengungkapkan penggunaan B30 perlu diuji coba agar peralihannya dari penggunaan B20 tidak menemui kendala. Pasalnya terjadi ketidakcocokan mesin pada beberapa jenis kendaraan tertentu dalam penggunaan B20.

Sehingga mesin lokomotif kereta api, alat berat, hingga kendaraan tempur alutsista belum bisa menggunakan solar dengan campuran minyak nabati sebesar 20 persen.

“Untuk ketahui secara langsung penggunaan B20 terhadap kereta api, kita tidak ingin agar kendala yang diduga dari ingin dibuktikan apakah B20 comply dengan sistem kereta api sekarang,” tutur dia.

Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menambahkan uji coba akan dilakukan pada tahun mendatang periode Januari hingga Maret. Saat ini Kementerian ESDM bersama PT Kereta Api Indonesia tengah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mengaplikasikan penggunaan nabati ini.

“Sekarang  sedang disiapkan (uji coba) dengan PT Kereta Api Bandung-Jakarta, meskipun hasil utama injector-nya tidak kuat,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui pemakaian biodiesel menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengejat target bauran energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Adapun hingga 2025, target bauran energi dari EBT sebesar 23 persen.

Data Kementerian ESDM memaparkan penyerapan biodiesel sepanjang semester I-2017 mencapai 1,67 juta kiloliter (kl). Hingga akhir tahun targetnya bisa mencapai 4,60 juta kl.

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s