Australia Tangkap Makelar Suku Cadang Rudal Korut

Chan Han Choi. ©BBC
Chan Han Choi. ©BBC

Kepolisian Federal Australia membekuk seorang warga keturunan Korea, Chan Han Choi (59), karena diduga hendak menjual suku cadang dan teknologi rudal dari pemerintah Korea Utara melalui pasar gelap. Bahkan, kabarnya dia juga menjadi perantara penjualan batu bara dari Korea Utara ke sejumlah korporasi di Indonesia dan Vietnam.

Dilansir dari laman BBC, Minggu (17/12), kepolisian Australia membekuk Chan di rumahnya Sydney, Negara Bagian New South Wales, pada Sabtu kemarin. Menurut mereka, Chan sudah menjadi warga negara itu dengan proses naturalisasi, dan menetap selama tiga dasawarsa.

Menurut Wakil Komisioner Kepolisian Federal Australia, Neil Gaughan, mereka memiliki bukti kalau Chan berkomunikasi dengan pejabat tinggi di Korea Utara dengan program yang tersandi. Namun, percakapan rahasia itu berhasil ditembus oleh aparat negeri kanguru.

Neil melanjutkan, Chan menjadi makelar penjualan onderdil dan teknologi rudal Korea Utara, kepada pihak asing. Dia juga dijerat enam sangkaan lain yang masih dirahasiakan, termasuk membantu menjual batu bara dari negeri dipimpin Kim Jong Un kepada Indonesia dan Vietnam.

Aparat penegak hukum Australia menjerat Chan dengan Undang-Undang Pencegahan Senjata Pemusnah Massal 1995. Chan pun tidak dibolehkan bebas dengan jaminan, serta terancam penjara maksimal sepuluh tahun.

Sumber : Merdeka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s