Jalani ‘Upgrade’, F-16 Bantuan AS untuk TNI AU Punya Banyak Kelebihan

F-16 TNI AU 34 (TNI AU)
Pesawat Tempur F-16 TNI AU (TNI AU)

Pesawat tempur jenis F-16 bantuan AS yang dihibahkan ke TNI AU merupakan pesawat bekas pakai. Namun, setelah di-upgrade jadi memiliki banyak kelebihan. Selain jago bertempur jarak dekat, pesawat tempur itu juga jago bertempur jarak jauh.

“Pesawat F-16 dapat mendeteksi sasaran dari jarak dekat maupun jauh. Radar pendeteksi dapat mencari sasaran dari jarak 10 mil hingga 200 mil. Bahkan, tinggi dan besaran sasaran dapat dideteksi,” kata Mayor (Pnb) Pandu Eka, salah satu penerbang tempur Lanud Iswahjudi, kepada wartawan, Selasa (12/12/2017).

Menurut Pandu, jangkauan kemampuan radar pesawat tempur F-16 yang sudah di-upgrade bila saat menyerang tidak perlu datang mendekat. Pasalnya, pesawat tempur ini dilengkapi rudal dengan jarak tempuh hingga ratusan mil.

“Pesawat dilengkapi sembilan hard point untuk tempat misil. Pesawat ini dapat bertempur air to air (antar-udara) hingga air to ground (udara ke tanah) dan membawa sembilan ton misil dengan berat take off maksimal 19 ton,” ungkap Pandu.

Pandu mengatakan, pesawat tempur jenis F-16 tipe CD yang sudah di-upgrade sudah dilengkapi sistem avionik (perangkat elektronik). Selain itu, memiliki radar pencari sasaran hingga RWR (radar warning receiver) untuk mendeteksi ancaman musuh.

Untuk sistem pertahanan, kata Pandu, pesawat itu dilengkapi radar peringatan musuh. Teknisnya, peringatan langsung menyala jika pesawat terkunci radar musuh sehingga pesawat langsung bisa menghindar.

Pandu mengatakan, pesawat tempur jenis F-16 ini juga dilengkapi sistem chaff untuk mengecoh pendeteksian radar musuh. Dengan demikian, pesawat musuh bisa salah mendeteksi.

“Kalau misil telanjur diluncurkan, masih ada sistem flare atau pengecoh sinyal panas. Lewat sistem ini dapat membelokkan misil pesawat,” jelas Pandu.

Komandan Lanud Iswahyudi Marsma TNI Samsul Rizal menyebut total biaya mendatangkan 24 pesawat bantuan AS sebesar 690 juta dollar AS. Biaya itu sudah termasuk untuk upgrade.

“Jadi pesawat ini sebelum dikirim mendapat perbaikan terlebih dulu. Pengiriman bertahap dan ini pengiriman terakhir kali,” kata Samsul.

Samsul menjelaskan, hadirnya pesawat tempur bantuan AS menjadikan Lanud Iswahyudi memiliki 10 pesawat tempur F-16 CD dan AB di Skadron 3. Sepuluh pesawat tempur F-16 AB sudah berada di Lanud Iswahyudi sejak 1989 silam. Selain itu, terdapat 16 pesawat T 50 Golden Eagle di Skadron 15.

Sumber : Kompas

Advertisements

12 thoughts on “Jalani ‘Upgrade’, F-16 Bantuan AS untuk TNI AU Punya Banyak Kelebihan”

  1. Wah itu mayor pandu dah dibayar sama lockheed nih.

    F-16 APG-66 ~55 km ~105 km

    F-16 APG-66(v)2/3 70 km 130 km

    F-16 APG-68 80 km 140 km

    F-16 ABR 130 km 275 km

    Like

  2. HIBAH yang bayar biaya upgrade, kok seakan-akan bantuan gratis? yang bikin sakit itu, dari 9 wingtip tiap pesawat, nggak semuanya bisa diisi karena nggak cukup rudalnya.

    Like

  3. Sedikit berlebihan… saya kebih berharap pespur ini aman bagi pilot terbaik bangsa, menggunakan barang bekas itu meskipun mesin baru dan sudah melakukan perbaikan struktur tetap saja memiliki banyak kelelahan material disana…

    Like

  4. pertahanan keamanan negara adalah tulang punggung masa depan bangsa.apapun komponennya. terlepas dari apapun alasan nya satus bekas tetap beresiko. semoga ini pengadaan alutsista terakhir yang berstatus bekas pakai. komen bu yuli lebih realistis…”sedikit berlebihan”

    Like

    1. Sebenarnya itu kan untuk pengaihan isu saja Mbah… seperti beli kartu perdana handphone nya gratis, banyak di Jepang seperti itu setahu saya dulu…
      Jelas tidak mungkin sesuatu yang diberikan secara cuma2, mungkin biaya untuk pembelian di bebankan pada biaya upgrade untuk memperpanjang umur frame… sedangkan upgrade sistem dan mesin jelas diganti baru…

      Like

  5. Sebenarnya ancaman militer paling nyata itu berasal dari 2 negara yg terletak dekat pulau Batam. Jadi nggak perlu radar dan rudal yang terlalu jauh jangkauannya untuk pesawat F 16 ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s