Alutsista Terbatas, Panglima XIV: Kita Punya Semangat Juang

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti (Tribunnews)
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti (Tribunnews)

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengaku, saat ini Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di Kodam Hasanuddin masih terbatas.

“Kita tidak boleh nuntut banyak untuk peralatan, kekurangan itu diseimbangi dengan semangat juang,” kata Agus di Makodam, Kamis (14/12/20197).

Walau demikian, Mayjen Agus Surya Bakti mengatakan Alutsista di Kodam XIV Hasanuddin masih cukup memadai untuk sebuah pertahanan nasional.

Seperti persenjataan darat, mulai dari perorangan, senjata Tank danlainnya, sudah mulai diregenerasi 40 persen untuk penyesuaian sekarang.

Untuk aspek penangkap, Kodam XIV Hasanuddin adalah teritorial. Tentang bagaimana mendekatkan dan juga membina masyarakat ,karena TNI bersama rakyat.

“Jadi apabila terjadi gejolak dan ada kekuatan musuh yang masuk lebih besar, maka ada satuan kostrad yang masuk memback up kodam,” ungkap Agus.

Lanjut Mayjen Agus SB, jika Kostrad sudah turun dan itu masih juga belum bisa menangkal serangan musuh maka akan turun pasukan elit Kopassus.

Jadi, untuk aspek tangkal awal untuk sebuah serangan musuh, Kodam XIV Hasanuddin masih punya Alutsista yang masih terbilang mampu menangkal.

Agus menambahkan, saat ini militansi negara-negara berkembang seperti di Vietnam, Taiwan dan negara lainnya itu hebat. Tapi lebih hebat TNI.

“Maka dari itu jangan heran kalau prajurit kami bisa bertempur dimanapun, bisa bertahan di hutan walau makan daun pisang dan itu dari dulu,” kata Agus.

Sumber : Tribun Timur

Advertisements

2 thoughts on “Alutsista Terbatas, Panglima XIV: Kita Punya Semangat Juang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s