Latihan Perang Korsel dan AS Dimulai dengan Melibatkan Jet Tempur Siluman F-22

Korea Selatan dan AS memulai latihan bersama Angkatan Udara berskala besar, sebagai tanggapan keras militer terhadap peluncuran rudal balistik ICBM dari Korea Utara.

Latihan Angkatan Udara yang disebut ‘Vigilant ACE’ akan digelar selama 5 hari mulai tgl. 4 Desember, dengan tujuan untuk memperkuat kewaspadaan dan pertahanan. Skala dan kekuatan latihan tahunan kali ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya sejalan dengan peluncuran rudal balistik Korea Utara.

Sebanyak 10 armada tempur pasukan AU Korea Selatan, termasuk 3 armada jet tempur ikut ambil bagian dalam latihan, bersama armada jet tempur dan brigade pertahanan udara dari AU dan Komando Pasifik AS. Latihan itu melibatkan jet tempur F-15K, KF-16 dan FA-50 dari Korea Selatan, dan AS mengerahkan F-22, F-35A dan B-1B. Total pesawat AU yang dikerahkan dalam latihan ini melampaui 230 unit.

Secara khusus, AS melibatkan 6 unit jet tempur siluman F-22, yang bisa menembus jaringan pertahanan musuh tanpa terdeteksi dan menyasar fasilitas-fasilitas utama secara presisi. AS baru pertama kali menerbangkan 6 unit F-22 pada waktu yang bersamaan di atas udara Semenanjung Korea. Selain itu, latihan tersebut juga akan melibatkan 6 unit jet tempur siluman canggih F-35A dan armada jet tempur strategis B-1B Lancer. Juga dikerahkan 6 unit pesawat serangan elektronik EA-18G, 10 unit jet tempur F-15C dan 10 F-16.

Militer dua negara akan melaksanakan latihan siang dan malam hari dengan menerapkan rencana operasi gabungan, yakni ‘perintah misi udara (Pre-ATO). Menurut Pre-ATO, pesawat Korea Selatan dan AS diberikan misi penembakan ke arah sebanyak 700 sasaran utama di Korea Utara, pada saat darurat.

Memang sangat diluar dugaan bahwa rincian latihan gabungan antara Korsel dan AS dirilis secara terbuka. Salah satu inti dari latihan adalah untuk menembak target senjata nuklir dan rudal secara tepat. Juga penembakan ke artileri pasukan Korea Utara yang mengancam ibu kota Seoul dan sekitarnya juga akan diadakan dalam latihan.

Photo : A 1st Fighter Wing’s F-22 Raptor from Joint Base Langley-Eustis, Va. pulls into position to accept fuel from a KC-135 Stratotanker on May 10, 2012. (Master SGT. Jeremy Lock)

Sumber : KBS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s