Armed TNI AD Siap Jaga Kedaulatan RI

Alutsista di HUT Armed TNI AD ke-72 (PR)
Alutsista di HUT Armed TNI AD ke-72 (PR)

Peringatan HUT Korps Artileri Medan (Armed) TNI-AD ke-72 berlangsung meriah di Pusdik Armed Kodiklat TNI AD Jalan Baros Kota Cimahi, Senin, 4 Desember 2017. Selain dihadiri prajurit aktif hingga purnabakti, kehadiran alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern yang dipamerkan menyedot perhatian.

Jenis alutsista yang dipamerkan yaitu roket Multiple Launch Rocket System (MLRS) Astros (Artileri Saturation Rocket System) MK II tipe 6 buatan Brazil. Roket tersebut berdaya jangkau ke sasaran hingga 85 km, saat ini roket tersebut dalam pengembangan daya jangkau amunisi hingga 300 km.

Jenis alutsista lain yaitu meriam 155 mm Caesar buatan Perancis. Dengan daya jangkau 40 km, alutsista tersebut merupakan meriam swagerak (self propheler).

Dalam acara tersebut turut dilaksanakan tembakan Meriam Sapu Jagad sebagai penghormatan kepada purnawirawan Armed yang ikut serta membesarkan nama Korps Baret Coklat, serta perwakilan satuan Armed baik Kodam maupun Kostrad ikut hadir untuk memeriahkan HUT Armed yang Ke-72.

Danpussenarmed Brigjen TNI Dwi Jati Utomo,S.I.P.,M.Tr (Han)., didampingi Wadan Pussenarmed Kolonel Arm Julius Jolly Suawa,S.Sos., mengatakan, kekuatan alutsista yang dimiliki saat ini terus diupayakan untuk mewujudkan modernisasi alutsista menuju “World Class Gunner” dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sesuai dengan tema “Prajurit Armed Yang Modern, Cerdas dan Tangguh Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

“Beberapa pengembangan dan kemajuan yang dimiliki satuan Armed telah menjadi obsesi kami semua. Menjadi bagian dari kesenjataan dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Menurut Dwi, esensi HUT Armed Ke-72 yaitu untuk evaluasi introspeksi kinerja ke belakang. “Kemudian harapan dan target yang akan kita kerjakan di tahun-tahun mendatang. Harapan kami Armed bisa mengimplementasikan motto dengan optimal,” katanya.

Pengadaan alutsista baru itu tentu kian menambah kekuatan pertahanan Indonesia. “Pemerintah sangat mendukung modernisasi alutsista. Hal itu dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan negara,” ucapnya.

Kedatangan alutsista yang modern, juga harus ditunjang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). “Modernisasi alutsista yang sarat teknologi dan komputerisasi sehingga tidak ada pilihan lain untuk meningkatkan kualitas SDM” katanya.

Alutsista modern yang dimiliki saat ini diharapkan dapat menjawab rencana gelar TNI AD pada daerah strategis baik di pulau terluar dan di daerah perbatasan dalam menghadapi ancaman terhadap NKRI.

Sumber : Pikiran Rakyat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s