Karam Satu Abad, Kapal Selam Jerman Ini Masih Utuh Seperti Aslinya

Sekira satu abad lalu, sebuah kapal selam U-Boat milik Jerman karam, tenggelam di dasar Laut Utara. Seratus tahun kemudian, peneliti di Belgia tercengang saat menemukan bangkai kapal tersebut.

Kapal selam yang dipakai pada era Perang Dunia (PD) I itu masih utuh. Pejabat Belgia melaporkan, kapal itu juga mengangkut jenazah ke-23 awaknya.

“Ini luar biasa karena kita menemukan sesuatu seperti ini. Kerusakan terbesar di bagian depan, tetapi kapal selam tertutup dan masih ada 23 orang di dalamnya,” ujar Gubernur Flandria Barat, Carl Decaluwe, seperti dikutip dari The Vintage News, Kamis (30/11/2017).

Tak hanya di bagian depan, kerusakan rupanya juga terjadi pada dua tabung torpedo kapal selam tersebut. Kerusakan kapal selam itu diduga akibat membentur tambang bawah air. Senjata itu memang yang paling umum digunakan untuk mengalahkan kapal selam selama PD I.

Deutsch, U 995, Marinemuseum in Laboe bei Kiel (Wiki)
Deutsch: U 995, Marinemuseum in Laboe bei Kiel (Wikipedia)

Saat itu, kapal kargo sekutu dan kapal lainnya memang mangsa mudah bagi “predator” yang bersembunyi di kedalaman Selat Inggris. Pesisir Belgia di Bruges merupakan basis utama mereka, jadi di sinilah kemungkinan para pelaut tersebut mungkin ditempatkan.

Adapun kapal selam itu bertipe UB II 88 kaki dan beroperasi pada 1915. Kapal ini adalah versi terbaru dari pendahulunya, tipe UB I yang terlalu besar dan tidak efektif. Pada periode itu ada 30 unit kapal selam serupa yang diproduksi. Mirisnya, 20 di antara mereka tenggelam.

Tipe UB II dapat menyelam hingga kedalaman 163 kaki, dan mencapai mode selam dalam kurun 30-45 detik. Kapal selam ini merupakan salah satu pionir perang dalam air, dan tipe UB II menggunakan teknologi tercanggih saat itu. Tak heran, keberadaannya menebar ketakutan di Selat Inggris sehingga mengisolasi Kepulauan Inggris dari Benua Eropa.

Kapal selam milik Jerman. (The Vintage News) 1
German Type UB II submarine (Wikipedia)

Pelabuhan Belgia sendiri menempatkan 93 kapal selam berbagai tipe selama perang. Mereka berhasil menenggelamkan 2,500 kapal Sekutu, dengan 70 total U-Boats hilang, dan 1.200 pelaut mengalami kematian.

Selama perang berlangsung, ada 18 kapal selam yang ditempatkan di Flanders Flotilla. Tiga belas di antaranya tenggelam selama 1915 dan 1918 ketika perang berakhir. U-Boat yang ditemukan terakhir ini merupakan kapal ke-11 dari 13 yang tenggelam.

Meski begitu banyak kapal selam yang beroperasi di laut Belgia, pejabat West Flanders tetap mengatakan U-Boats ke-11 ini merupakan salah satu penemuan terbaik di Belgia. Apalagi, video yang diunggah Associated Press menunjukkan bahwa kapal ini tidak tersentuh sejak tenggelam, sehingga komponennya masih lengkap.

Demi melindungi kapal selam dari penjarah dan penggemar yang penasaran, pejabat Belgia menolak memberitahu lokasi tepat penemuan itu. Mereka juga melakukan tindakan yang diambil untuk melindungi lokasi tersebut, salah satunya mengajukan penemuan ini sebagai situs warisan.

Photo : German Type UB II submarine (Wikipedia)

Sumber : Okezone

Advertisements

One thought on “Karam Satu Abad, Kapal Selam Jerman Ini Masih Utuh Seperti Aslinya”

  1. @admin

    Kaselnya tenggelam krn membentuk ranjau (mine) bung….bukan (mine) tambang

    #tapi kalo kasel KILO tenggelam krn terbentur “mine-mine”…alias diphp doang

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s