Argentina Mengakhiri Pencarian dan Penyelamatan Kapal Selam ARA San Juan

Kapal selam ARA San Juan milik militer Argentina dilaporkan hilang bersama 44 awak setelah mengalami masalah komunikasi. (Reuters)
Kapal selam ARA San Juan milik militer Argentina dilaporkan hilang bersama 44 awak setelah mengalami masalah komunikasi. (Reuters)

Angkatan Laut Argentina memilih mengakhiri operasi pencarian dan penyelamatan kapal selam ARA San Juan yang hilang bersama 44 awak. Angkatan Laut menyatakan tidak ada kemungkinan menemukan seluruh awak dalam kondisi selamat setelah kapal menghilang 15 hari.

Juru bicara Angkatan Laut Argentina Enrique Balbi mengumumkan akhir dari misi pencarian kapal pada hari Kamis waktu setempat.

”Lebih dari dua kali lipat jumlah hari telah berlalu di mana tidak mungkin untuk menyelamatkan kru,” kata Balbi dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Jumat (1/12/2017).

Meski misi diakhiri, penyelidikan atas insiden itu akan berlanjut. Menurut Balbi, tidak ada jejak yang ditemukan dari kapal selam ARA San Juan.

Para kerabat dari 44 awak kapal menyalahkan pihak Angkatan Laut dalam insiden itu, terlebih ada laporan bunyi ledakan di sekitar lokasi hilangnya kapal selam tersebut beberapa hari lalu.

Kapal ARA San Juan dibangun tahun 1985 dan diperbarui pada tahun 2014 dengan dipangkas menjadi dua dan mesinnya diganti.

Itati Leguizamon, istri anggota awak kapal selam German Suarez, beberapa hari lalu menangis ketika menyadari peluang ditemukannya sang suami sangat kecil.”Mereka mengirimkan sepotong omong kosong untuk berlayar. Mereka meresmikan kapal selam dengan cat dan bendera pada tahun 2014, namun tanpa peralatan di dalamnya. Angkatan Laut harus disalahkan,” katanya pada 24 November lalu.

Jesica Gopar, istri perwira kapal selam Fernando Santilli, mengaku sudah memiliki firasat buruk. ”Mereka belum kembali dan mereka tidak akan pernah kembali lagi. Saya memiliki firasat buruk tentang hal ini dan sekarang telah dikonfirmasi,” ucapnya.

Sumber : Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s