Pengerjaan Proyek Lima Unit LST Sesuai Rencana

Pengerjaan proyek 5 kapal jenis Landing Ship Tank (LST) dipastikan telah sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Kepastian tersebut didapat setelah Kementerian Pertahanan melaksanakan kunjungan kerja ke PT Daya Radar Utama (DRU) di bandar lampung selaku Badan Usaha Milik Swasta Strategis.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan, Brigjen Totok Sugiharto menyatakan, dari 5 pengadaan LST, 1 LST yaitu Kapal Republik Indonesia (KRI) Bintuni 520 telah beroperasional, sementara 4 LST lainnya direncanakan akan diselesaikan secara bertahap mulai pada pertengahan tahun 2018 mendatang.

“PT DRU telah mendukung program penguatan Alutsista, khususnya armada laut guna mendukung pertahanan maritim di Indonesia. Sudah menghasilkan banyak kapal dengan sebagian besar komponen dalam negeri,” kata Totok, Rabu (29/11).

Tidak hanya pembangunan LST, PT DRU yang berada di Lamongan Jawa Timur saat ini juga tengah mengerjakan 17 unit Landing Craft Unit (LCU) untuk TNI Angkatan Darat. Selain untuk keperluan militer, PT DRU juga memenuhi pesanan kapal untuk Bea dan Cukai serta Kementerian kelautan dan perikanan.

Dikatakan Kapuskom Publik Kemhan, keterlibatan BUMS Strategis dalam mendukung pertahanan maritim menunjukkan bentuk sinergitas antara BUMN dengan BUMS dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Kemampuan PT DRU dalam memenuhi standar spesikasi membuktikan bahwa BUMS Strategis sebenarnya telah mampu. Terlebih dalam pembuatan LST ini murni hasil karya cipta anak indonesia tanpa adanya campur tangan dari negara lain.

Walaupun merupakan karya asli anak bangsa, diakui Totok Sugiharto, masih ada beberapa komponen yang harus di impor seperti mesin utama dan generator. Untuk saat ini lokal konten LST buatan PT DRU telah mencapai 30 persen dan terus di tingkatkan.

Photo : Pengerjaan LST oleh PT DRU tanggal 29 November 2017. (defence.pk)

Sumber : Elshinta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s