Belanda Dukung Peningkatan Peran Pushidrosal di Lembaga Hidrografi Internasional

Belanda Dukung Peningkatan Peran Pushidrosal di Lembaga Hidrografi Internasional
Belanda Dukung Peningkatan Peran Pushidrosal di Lembaga Hidrografi Internasional. (Poskota)

Netherlands Hydrographic Service/NHS (Kantor Hidrografi Belanda) menyampaikan apresiasi terhadap kemajuan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan mendukung peningkatan peran Pushidrosal di Lembaga Hidrografi Internasional maupun regional.

Hal tersebut disampaikan kepala NHS Captain Marc Van Der Donck kepada perwakilan Pushidrosal, Direktur Pengamanan Kerjasama dan Perbatasan (Dirpamkersamtas) Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono saat mengadakan courtesy call ke Lembaga tersebut.

Pernyataan dukungan NHS tersebut seiring dengan peningkatan kapasitas Pushidrosal pada lingkup kerjasama internasional dan regional dimana pada tahun ini, Pushidrosal telah resmi menjadi anggota salah satu anggota Dewan IHO. Selain aktif sebagai anggota East Asia Hydrographic Commission (EAHC), pada pertengahan tahun ini Pushidrosal juga telah resmi menjadi anggota tetap dari North Indian Ocean Hydrographic Community (NIOHC) dan diagendakan untuk bergabung dengan South West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC) pada awal tahun depan.

Pihak NHS juga menyampaikan bahwa Pushidrosal memiliki peluang untuk terus meningkatkan perannya pada tingkat regional, dalam pelatihan aplikasi khusus hidrografi seperti aspek delimitasi, disaster relief, Electronic Navigational Chart (ENC) yang sudah beberapa kali dilaksanakan oleh Pushidrosal melalui program capacity building IHO maupun EAHC yang diikuti oleh peserta dari negara Asia Tenggara dan Pasifik Selatan.

Pada kesempatan tersebut, terkait dengan permintaan data Peta Belanda, NHS menyampaikan bahwa pihaknya hanya memiliki beberapa peta publikasi lama saja karena sebagian besar peta lama tersebut sudah diserahkan kepada Arsip Nasional Belanda. Meskipun demikian, pihak NHS akan tetap berupaya membantu mencarikan data dimaksud, dan disepakati area peta Jakarta sebagai prioritas sedangkan anotasi pada peta lainnya lainnya akan tetap diupayakan kemudian. Pihak NHS juga menambahkan bahwa pihaknya tidak lagi memiliki peta lama sejak mengadopsi aturan International Hydrographic Organization (IHO).

NHS sendiri merupakan insitusi nasional yang membidangi masalah hidrografi di Belanda. Dari aspek profesionalisme, sumber daya manusia NHS untuk kualifikasi surveyor category B pihak NHS mengirimkan personilnya mengikuti kursus di Amerika dan Inggris (UKHO), demikian halnya dengan tenaga Cartographer. Dari sisi pengawakan, saat ini komposisi personel NHS mayoritas adalah sipil, personel militer hanya 5 orang pada eselon pimpinan dan manajerial, dengan total personel 150 orang termasuk personel 2 Kapal survey serbaguna yang dimiliki.

Pada akhir kunjungan, Kepala NHS menyerahkan buku Sejarah Hidrografi Belanda dalam rangka 100 tahun Hidrografi Belanda kepada Pushidrosal serta menyampaikan apresiasinya terhadap profesionalisme serta dukungan kerjasama Pushidrosal dalam melaksanakan investigasi terhadap kerangka historis kapal perang Belanda “De Ruyter” bersama Kementerian Luar negeri beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sumber : Poskota

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s