Alami Kerusakan, HMS Diamond Seharga Rp17,9 Triliun Batalkan Misi Teluk

Salah satu kapal perang yang paling canggih milik Angkatan Laut Inggris harus membatalkan misinya di Teluk Persia dan kembali ke Inggris karena mengalami kerusakan. Kapal tersebut harganya mencapai sekitar 1 miliar poundsterling atau sekitar Rp17,9 triliun.

Rusaknya kapal HMS Diamond Type 45 itu membuat Inggris tidak memiliki kapal perusak yang layak untuk saat ini, karena lima kapal sejenis lainnya juga sedang menjalani perawatan.

Kapal HMS Diamond Type 45, yang berada dalam misi 9 bulan untuk melindungi rute perdagangan di wilayah Teluk Persia, terpaksa pulang setelah menjalani misi dua bulan.

”Kami dapat mengonfirmasi bahwa HMS Diamond telah mengalami masalah teknis, namun kami tidak membahas keadaan material kapal operasional kami dan tidak dapat berkomentar lebih lanjut,” kata pihak Angkatan Laut Inggris melalui seorang juru bicara, seperti dikutip Russia Today, Jumat (24/11/2017).

Sejumlah media Inggris melaporkan bahwa bahwa kapal mahal itu mengalami masalah dengan baling-baling yang gagal diperbaiki di laut. Kapal tersebut akan bergabung dengan lima kapal perusak lainnya, yang menjalani perbaikan dan perawatan.

Semua kapal perang itu dibangun oleh BAE Systems dan Rolls-Royce. Selain masalah mesin, kapal-kapal perang anggota NATO itu juga kekurangan pelaut.

Kerusakan kapal itu juga membuat Inggris tidak mampu memenuhi komitmennya terhadap sekutu NATO di Teluk. Sebab, saat ini tidak ada pengganti untuk kapal HMS Diamond.

Photo : HMS Diamond (D34) | Royal Navy

Sumber : Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s