Latihan Perang Kota Indonesia – Singapura Libatkan Pasukan Gabungan dan Tank Leopard

Di bawah tembakan musuh, lebih dari 400 tentara Singapura dan Indonesia bertempur bersama, menyerbu dan menyergap serangkaian bangunan secara berurutan, membersihkan area tersebut dengan dua unit Tank Leopard.

Latihan batalion lapangan gabungan di Fasilitas Pelatihan Perkotaan Murai di dekat Lim Chu Kang pada hari Senin (20 November) adalah puncak dari latihan perang tahunan antara dua infanteri tersebut.

Empat unit MBT Leopard ambil bagian untuk pertama kalinya dalam Latihan Safkar Indopura tahun ini, yang menandai pendalaman kerja sama pertahanan antara kedua belah pihak. Leopard menambah kompleksitas misi, dan memberi kesempatan kedua pihak untuk bertukar pengetahuan.

Dua unit Tank Leopard tersebut dioperasikan oleh prajurit kedua negara. Setiap unitnya terdapat empat kru gabungan. Latihan Safkar Indopura diselenggarakan setiap tahun, sejak 1989. Pada tahun ini, latihan dimulai pada 13 November.

Untuk menandai 50 tahun hubungan bilateral antara kedua negara yang jatuh pada tahun ini, terjun gabungan dari ketinggian 3.000 m, dengan dua jumper utama, masing-masing membawa bendera nasionalnya, direncanakan akan dilakukan pada upacara penutupan latihan tersebut, namun dibatalkan saat awan gelap terbentuk.

Meski cuaca tak bersahabat, upacara penutupan tetap dilaksanakan, yang dihadiri oleh Kepala Angkatan Darat Melvyn Ong dan Kepala Staf TNI AD Mulyono, dilanjutkan dengan membentuk angka “50” dalam pawai.

A mixed squad of Singapore Army (right) and TNI-AD soldiers storming a building during Exercise Safkar Indopura, on Nov 20, 2017. [LIM YAOHUI]
A mixed squad of Singapore Army (right) and TNI-AD soldiers storming a building during Exercise Safkar Indopura, on Nov 20, 2017. [LIM YAOHUI]

Latihan ini disebut sebagai “Landasan interaksi antara TNI-AD dan Angkatan Darat Singapura”, Mayor Jenderal Ong mengatakan bahwa interaksi bilateral yang terjadi selama 50 tahun terakhir telah menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi antara kedua negara.

Dia menambahkan, “Ini bukan hubungan kebetulan, hanya melalui kemauan dan inisiatif kedua negara, kita dapat mengambil pendekatan jangka panjang dan bekerja untuk mencapai tujuan bersama.”

Untuk menunjukkan kerja sama pertahanan yang erat antara kedua militer tersebut, pasukan bertempur satu sama lain di bawah sebuah markas gabungan yang dipimpin oleh dua direktur latihan – satu dari masing-masing pihak.

Sebanyak 474 tentara infantri dan pendukungnya terlibat di Safkar Indopura tahun ini – 300 personil dari Angkatan Darat Singapura dan 174 dari TNI AD.

Selain latihan lapangan, latihan perencanaan, pelatihan operasi perkotaan, penembakan langsung juga dilakukan.

Mayor Jenderal Ong mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya Singapura melatih militer negara lain dalam mengoperasikan Tank Leopard, dan menambahkan bahwa ini adalah indikasi yang jelas akan rasa saling percaya dan saling pengertian selama dua tahun ini.

Mayor Medi Haryo Wibowo, 38, komandan Batalyon Infanteri ke-312 TNI-AD, mengatakan, “Latihan ini sangat bagus karena tentara kita dapat saling berbagi pengetahuan, dan memiliki rasa saling menghormati dan pengertian.”

Berdasarkan pengalaman latihan dengan orang Indonesia, komandan seksi 3SG Muhammad Abdul Rahman, 19, mengatakan, “Saya sangat terkesan dengan agresivitas mereka dalam pertempuran. Beberapa dari mereka benar-benar berteriak dan memastikan bahwa setiap orang dari mereka tahu apa yang harus dilakukan – saya bisa mendengar teriakan dari jauh,” sebagaimana dilansir dari Straitstimes (20/ 11).

Photo : Leopard 2SG Main Battle Tanks, jointly operated by soldiers from both the SAF and TNI-AD, entering the combat zone, during Exercise Safkar Indopura, on Nov 20, 2017. [LIM YAOHUI]

Editor : (D.E.S)

Advertisements

One thought on “Latihan Perang Kota Indonesia – Singapura Libatkan Pasukan Gabungan dan Tank Leopard”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s