TNI AL Bakal Bangun Pos di Pesisir Kulon Progo

pos-tni-al-kunjungan-posal
Photo Ilustrasi : Pos TNI AL (Istimewa)

Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Danlanal) Jogja berencana meningkatkan keamanan wilayah pesisir selatan Kulonprogo. Rencana tersebut sebagai tindak lanjut yang diungkapkan Gubernur DIY, yang akan menjadikan pesisir selatan sebagai wajah DIY.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Jogja, Kolonel Laut (P) Arya Delano mengungkapkan, Lanal Jogja akan mengembangkan Pos TNI AL (Posal) yang ada di Karangwuni. Dalam hal ini, Lanal Jogja akan menggandeng Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo.

Lanal berstatus tipe D itu, akan dilengkapi dengan kekuatan 90 hingga 100 personel, dan disebut akan sangat berperan menjaga keamanan pesisir selatan Kulonprogo.

“Ke depan, obyek vital di Kulonprogo akan terpusat di bandara. Dengan adanya lanal tipe D ini, juga sekaligus memperkuat keamanan bandara,” ujarnya, di sela kegiatan Komunikasi Sosial Bersama Nelayan, di Gedung Serba Guna Pelabuhan Tanjung Adikarto, Dusun Keboan, Desa Karangwuni, Rabu (22/11/2017).

Aryo menambahkan, ada dua opsi yang akan dilakukan dalam pembangunan pos tersebut. Yaitu memilih lahan di sekitaran pesisir atau menggunakan salah satu bangunan di kompleks Pelabuhan Tanjung Adikarto, mengingat saat ini pelabuhan tersebut belum bisa difungsikan.

Lanal memperkirakan jajarannya bisa menggunakan gedung Keamanan Laut Terpadu (Kamladu). Sedangkan untuk sarana dan prasaran Lanal, nantinya berdiri sendiri.

“Yang jelas bersinergi untuk mengamankan pesisir Kulonprogo,” ungkapnya.

Selain membangun pos, ia juga mengajak seluruh nelayan, untuk turut menjaga keamanan di wilayah pesisir selatan Kulonprogo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Sudarna mengapresiasi rencana tersebut secara positif. Namun demikian, pihaknya masih menunggu arahan dari Bupati Kulonprogo, karena menyangkut keamanan dan ketahanan negara,

“Tentunya dengan adanya pangkalan TNI AL keamanan akan semakin bagus. Tapi hal ini perlu dibicarakan lagi lebih intensif,” katanya.

Selain memberikan materi hukum laut, Lanal Jogja, juga membagikan paket sembako kepada ratusan nelayan di sekitar Glagah, Kecamatan Temon dan Karangwuni.

Pemberian materi hukum laut, dikarenakan para nelayan masih kerap menemui kendala, yang menimbulkan permasalahan dengan masyarakat pesisir. Komsos juga menjadi salah satu agenda menyambut HUT ke-72 TNI AL.

Sumber : Harian Jogja

Advertisements

One thought on “TNI AL Bakal Bangun Pos di Pesisir Kulon Progo”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s